Selasa , Januari 23 2018
Home / - / 706 ekor Sapi kurban tak layak jual
Petugas memeriksa sapi untuk mencegah penyebaran virus antrax
Petugas memeriksa sapi untuk mencegah penyebaran virus antrax

706 ekor Sapi kurban tak layak jual

MAKASSAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar saat ini tengah gencar melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di sejumlah tempat penjualan hewan kurban di Kota Makassar.

Saat melakukan sidak penjualan hewan kurban di 2 lokasi, yaitu di Jalan Tun Abdul Razak, dan Jalan Tamangapa Antang, Kepala Dinas Kelautan Perikanan Pertanian dan Peternakan (DKP3) Kota Makassar, Abdul Rahman Bando, mengungkapkan jika dari total 3.843 terdapat hewan kurban sebanyak 706 ekor sapi yang tidak layak dijual untuk dikurbankan.

“Tidak layak kurban itu karena berbagai faktor misalnya dari sisi umur kita tidak rekomendasikan, yang kedua juga karena faktor kesempurnaan fisik misalnya punggungnya patah, telinga sobek dan bibirnya sumbing, dan juga ada yang katarak kira-kira itu yang menjadi faktor utama,” ungkapnya di sela peninjauan, Kamis 8 September 2016.

Dari total keseluruhan hewan kurban itu, katanya, pihaknya telah melakukan pemeriksaan secara berkala jelang pelaksanaan Idul Adha dari tiga hari sebelumnya dan dilakukan di 14 kecamatan di Makassar.

Sapi yang tidak layak kurban itu, lanjut dia, hanya bisa dipergunakan dan diperjual belikan hanya untuk dipakai konsumsi sehari-hari. Sementara hewan kurban lainnya seperti Kambing, dari total 500 ekor, seluruhnya layak digunakan untuk kurban.

“Daging sebenarnya tetap halal dan bisa dikonsumsi, karena kalau yang layak di kurbankan itu kan ada yang namanya surat keterangan kesehatan kurban Kota Makassar itu ada contohnya nanti bisa diperlihatkan,” ucapnya.

Arul Ramadhan

Check Also

Sekretaris Jendral Golkar Idrus Marham. / Muh Nasruddin (Dok MT)

Golkar siapkan Nurdin Halid di pilgub Sulsel

MAKASSAR – Partai Golkar mulai mempersiapkan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD I Golkar Sulsel, Nurdin …