Selasa , Januari 23 2018
Home / - / Awas! Jangan salah pilih hewan qurban di Parepare
Penjual daging di pasar Lakessi, Parepare / Foto : Acca Ajatappareng
Penjual daging di pasar Lakessi, Parepare / Foto : Acca Ajatappareng

Awas! Jangan salah pilih hewan qurban di Parepare

PAREPARE – Jelang Idul Adha, Dinas Pertanian, Kehutanan, Perikanan dan Kelautan (PKPK) Kota Parepare intens mengawasi dan memeriksa ternak yang akan dijadikan hewan kurban. Salah satunya dengan pemeriksaan kesehatan terhadap sapi yang akan dijadikan hewan kurban pada Idul Adha. Sapi yang sudah laik sembelih, maka diberi tanda dengan tanduknya dicat. Penandaan sapi laik kurban dilakukan Kesehatan Hewan Dinas PKPK Kota Parepare, Jumat 26 Agustus 2016.

Dokter hewan Dinas PKPK, drh Nurdin Ismail mengatakan sapi kurban yang laik sembelih langsung ditandai dengan mengecat di tanduknya. Hal itu dilakukan untuk mempermudah pengawasan hewan kurban mendekati lebaran Idul Adha.

“Ini pengawasan ketat. Semua sapi yang laik sembelih dicat tanduknya. Sehingga memudahkan kita mengenali kalau sapi tersebut sudah diperiksa kesehatannya,” jelas drh Nurdin.

Menurutnya, selain tanda cat ditanduk, hewan kurban yang laik sembelih juga dilengkapi Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) yang dikeluarkan Bidang Peternakan Dinas PKPK, setempat. Dia menyebutkan, sapi yang laik sebagai hewan kurban adalah sehat, berumur minimal dua tahun, tidak memiliki cacat fisik.

“Bahkan jika tanduknya patah tidak masuk kategori sapi laik. Intinya yang sudah ditandai dan memiliki SKKH maka sudah dipastikan sehat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas PKPK Kota Parepare, Hj Damilah Husain meminta agar masyarakat yang ingin berkurban khususnya sapi, maka harus memilih yang memang sudah melalui proses pemeriksaan dokter kesehatan hewan dengan bukti tanda cat ditanduk dan SKKH.

“Saya imbau kepada masyarakat dalam memilih sapi kurban tentunya sudah melalui pemeriksaan Bidang Peternakan. Dan saat ini ada sekitar 600 stok sapi, itu pun akan terus bertambah hingga 1.000 ekor sapi mendekati lebaran Idul Adha,” kata Damilah.

Dia menambahkan, berdasarkan data yang diperoleh dari panitia kurban di setiap masjid, ada 525 ekor sapi yang disembelih pada Idul Adha, tahun lalu.

Acca Ajatappareng

Check Also

Sekretaris Jendral Golkar Idrus Marham. / Muh Nasruddin (Dok MT)

Golkar siapkan Nurdin Halid di pilgub Sulsel

MAKASSAR – Partai Golkar mulai mempersiapkan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD I Golkar Sulsel, Nurdin …