Kamis , Februari 22 2018
Home / News / Begini Cara Menikmati Gerhana Matahari di Kota Makassar
Ilustrasi
Ilustrasi

Begini Cara Menikmati Gerhana Matahari di Kota Makassar

MAKASSAR – Bagi warga Makassar yang ingin menyaksikan proses gerhana matahari dengan maksimal, pada Rabu 9 maret 2016, disarankan agar mencari tempat atau gedung yang tinggi.

“Karena Kota Makassar tidak memiliki pantai timur,” kata Ade Perdana Suhendratman Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Geofisika Gowa BMKG kepada Makassar Terkini Senin 7 Maret 2016.

Untuk pengamatan gerhana matahari dengan kontak awal bulan dengan matahari pukul 7.24 WITA, posisi pengamatan yang tepat dengan menempatkan fokus teropong ke arah terbitnya matahari disebelah timur.

“Pengamatan diusahakan di atas gedung tinggi dengan harapan dapat mendapatkan view horizon terendah untuk melihat matahari terbit,” kata Ade.

Lihat juga : Akan Terjadi Gempa Saat Gerhana Matahari ?

Dia menambahkan, warga yang bermukim di pulau juga bisa mengamati gerhana matahari. Karena tidak terhalang oleh gedung atau gunung saat matahari mulai terbit. “Tetapi tidak dianjurkan melihat gerhana dengan mata telanjang,” kata Ade.

BMKG akan mengamati proses gerhana matahari dari menara balai kota Makassar. Hasil pengamatan BMKG akan diteruskan ke anjungan pantai losari melalui layar lebar. “Jadi warga bisa nonton secara live,” kata Ade.

Selain menara balai kota, beberapa gedung tinggi di Makassar antara lain Wisma Kalla, Graha Pena, Menara Bosowa, Menara Phinisi, Monumen Mandala, dan beberapa gedung hotel.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar M Ismounandar mengatakan, pemerintah Kota Makassar sudah mempersiapkan perlangkapan live gerhana matahari di pantai losari. Demi mensukseskan festival Battu Ratte Ri Bulang.

Warga juga diminta terlibat dalam lomba foto keindahan gerhana matahari di Makassar. Kemudian menyebarluaskannya di media sosial twitter. Dengan hashtag #GerhanaMakassar2016. “Foto terbaik akan mendapatkan hadiah,” kata Ismounandar.

Check Also

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah di Sulsel yang masuk dalam kategori rawan bencana longsor, Rabu 28 September 2016 / Arul ramadhan

Bupati himbau masyarakat waspada, Jeneponto bakal dilanda “banjir”

JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menghimbau kepada seluruh warga Jeneponto tetap waspada, khususnya yang …