Rabu , Januari 24 2018
Home / Ekonomi / Berdayakan UMKM, Bupati Selayar Lakukan MoU dengan BI
Bupati Selayar Basli Ali (kiri) saat melakukan penandatanganan kerjasama (MoU) bersama Bank Indonesia kantor perwakilan Sulawesi Selatan di Hotel Novotel, Selasa 26 Juli 2016 / Andini Ristyaningrum
Bupati Selayar Basli Ali (kiri) saat melakukan penandatanganan kerjasama (MoU) bersama Bank Indonesia kantor perwakilan Sulawesi Selatan di Hotel Novotel, Selasa 26 Juli 2016 / Andini Ristyaningrum

Berdayakan UMKM, Bupati Selayar Lakukan MoU dengan BI

MAKASSAR – Untuk meningkatkan pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Bupati Selayar Basli Ali melakukan penandatangan perjanjian kerja sama dengan Bank Indonesia (BI) kantor perwakilan Sulawesi Selatan. Penandatanganan MoU tersebut berisi tentang peningkatan kapasitas dan pemberdayaan UMKM, utamanya di sektor kelautan dan perikanan di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Berlangsung di Hotel Novotel, Selasa 26 Juli 2016, acara ini dihadiri langsung oleh Kepala Perwakilan BI Sulsel Dadi Aryadi dan Bupati Selayar Basli Ali. Penandatanganan ini dilakukan untuk memberikan sejumlah kemudahan bagi para pelaku UMKM di Selayar. “Sementara dalam peningkatan akses keuangan, BI mendorong pengembangan infrastruktur keuangan, juga peningkatan elektabilitas keuangan UMKM,” kata Dadi Aryadi.

Selain itu lanjut Dadi akan dilakukan pula peningkatan fungsi intermediasi kepada UMKM. Dadi menjelaskan pengembangan UMKM oleh BI mencakup empat hal di antaranya peningkatan akses keuangan, peningkatan kapasitas UMKM, peningkatan penyediaan informasi dan peningkatan kerja sama dan koordinasi.

“Potensi UMKM di Selayar itu sangat bagus, hanya saja memang masih rendah,” tambah Dadi. Hal itu kata Dadi dapat dilihat dari rasio kredit UMKM terhadap total kredit UMKM di Selayar selama tiga tahun terakhir. Dadi menyebutkan, di Selayar masih dalam kisaran 28,84 persen dengan NPL UMKM yang masih rendah, yaitu sebesar 0,96 persen.

“Dengan adanya perjanjian kerja sama ini diharapkan dapat mendorong perbankan setempat untuk memberikan prioritas pembiayaan terhadap UMKM sektor kelautan dan perikanan di Selayar yang berpotensi tinggi,” harapnya.

Andini Ristyaningrum

Check Also

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah di Sulsel yang masuk dalam kategori rawan bencana longsor, Rabu 28 September 2016 / Arul ramadhan

Bupati himbau masyarakat waspada, Jeneponto bakal dilanda “banjir”

JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menghimbau kepada seluruh warga Jeneponto tetap waspada, khususnya yang …