Rabu , Januari 24 2018
Home / News / Bupati Pangkep akui coret kegiatan pro rakyat di APBD
Kabupaten Pangkep / MAKASSARTERKINI.COM
Kabupaten Pangkep / MAKASSARTERKINI.COM

Bupati Pangkep akui coret kegiatan pro rakyat di APBD

PANGKEP – Bupati Pangkep Syamsuddin A Hamid mengaku mencoret sejumlah kegiatan dalam APBD 2016 yang dinilai tidak bermanfaat untuk rakyat. Menurutnya, hal ini salah satu penyebab membuat serapan anggaran masih rendah.

“APBD dibuatkan pada masa transisi, bukan saya bupati maka setelah terpilih kembali saya lakukan pencoretan sejumlah kegiatan,” kata Syamsuddin di salah satu warung kopi di Pangkajene, Selasa 18 Oktober 2016.

Selain itu, anggaran kegiatan juga dipotong mencapai 15 persen dari setiap SKPD. Ia yakin dengan kebijakan pencoretan kegiatan dan pemotongan anggaran 15 persen ini, akan membuat keuangan daerah di tahun depan lebih stabil.

Soal rendahnya serapan anggaran, Syamsuddin mengatakan serapan anggaran bukan satu-satunya ukuran menilai kinerja pemerintahan.

“Yang penting, apakah anggaran yang keluar itu dirasakan rakyat atau tidak. Bukan sekadar mengejar serapan tingggi, kalau hanya untuk menghabiskan anggaran tanpa mempedulikan sasaran itu keliru,” ucapnya.

Aktivis Forum Penyelamat Pangkep Muhammad Arsyad Yunus mengatakan, pemangkasan anggaran ini disebabkan sejumlah kegiatan yang jalan tidak tertera dalam APBD. Ia meminta pemerintah agar bijak dan profesional dalam mengelola keuangan.

“Kalau untuk DPRD Pangkep, kami meminta agar fungsi pengawasan ditingkatkan. Pengelolaan keuangan harus berpihak pada rakyat. Uang rakyat untuk rakyat,” tegasnya.

Check Also

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah di Sulsel yang masuk dalam kategori rawan bencana longsor, Rabu 28 September 2016 / Arul ramadhan

Bupati himbau masyarakat waspada, Jeneponto bakal dilanda “banjir”

JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menghimbau kepada seluruh warga Jeneponto tetap waspada, khususnya yang …