Selasa , Januari 23 2018
Home / News / Dari HTTP 1.1 Ke HTTP/2, Dunia Internet Siap Masuki Era Baru
http2

Dari HTTP 1.1 Ke HTTP/2, Dunia Internet Siap Masuki Era Baru

JAKARTA – Dunia internet siap memasuki era baru seiring dengan disetujuinya HTTP/2 oleh Internet Engineering Steering Group (IESG), salah satu badan yang bertanggung jawab dalam mengatur, mengontrol serta melakukan standarisasi protokol yang digunakan di Internet. Protokol web generasi terbaru ini akan menjawab sejumlah tantangan yang dihadapi oleh HTTP 1.1 sebagai protokol web generasi pertama sehingga dapat beradaptasi dengan teknologi pendukung situs yang telah berkembang pesat.

HTTP/2 merupakan sebuah terobosan besar yang telah ditunggu-tunggu selama lebih dari 16 tahun sejak HTTP/1.1 diterapkan pertama kalinya pada tahun 1999. Sejumlah perubahan signifikan untuk memperbaiki kelemahan protokol web versi pertama telah disematkan dalam protokol web terbaru ini, terutama dari segi kecepatan dan keamanan guna memberikan pengalaman berselancar Internet yang jauh lebih baik. Dengan HTTP/2, hal utama yang akan dirasakan saat mengakses Internet adalah waktu loading halaman situs yang lebih cepat, lebih aman serta lebih hemat bandwith.

HTTP sendiri adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol dan merupakan standar protokol web yang digunakan oleh perangkat lunak dari seluruh peramban (software browser) yang menjadi dasar komunikasi data sehingga dapat menampilkan sebuah halaman situs di layar peramban.

“Teknologi web telah berkembang pesat selama 25 tahun terakhir dengan adanya CSS, Javascript dan HTML sehingga membuat tampilan sebuah situs menjadi lebih menarik dan interaktif. Sayangnya, perkembangan tersebut tidak didukung oleh teknologi protokol web yang mumpuni karena dapat dikatakan protokol yang digunakan saat ini sudah usang, tidak mengikuti perkembangan jaman sehingga menyebabkan loading situs interaktif semakin lama semakin lambat dan membuat banyak developer web frustrasi. HTTP/2 merupakan solusi yang telah ditunggu-tunggu dan penerapannya akan menandai dimulainya era baru dunia Internet.” ungkap Edy Budiman, Founder dan CEO, PT Dewaweb.

HTTP/2 memegang peranan penting bagi masa depan Internet yang menawarkan akses lebih cepat dan aman berkat teknologi kompresi dan enkripsi yang lebih efisien. Perbedaan mendasar HTTP 1.1 dengan HTTP/2 terletak pada cara kerjanya, dimana HTTP 1.1 hanya menggunakan satu koneksi ketika menampilkan suatu halaman situs, sehingga elemen resource seperti file HTML, file CSS, gambar dan file JavaScript yang terdapat dalam situs tersebut diminta secara satu persatu. Jika webserver terlambat memproses salah satu permintaan elemen resource tersebut, maka seluruh permintaan berikutnya pun akan tertunda karena saat web browser meminta sebuah resource, sistem HTTP 1.1 akan tetap menunggu file sebelumnya hingga file tersebut diterima, baru kemudian memproses permintaan selanjutnya.

Sedangkan HTTP/2 menjadikan permintaan atas elemen resource antara browser dan server tersebut lebih ringkas dan cepat dengan menggunakan teknologi “multiplexing” dimana dalam satu koneksi, server bisa memproses permintaan atas beberapa elemen resource secara paralel (multi-threading).Server kemudian memberikan semua resource tersebut dalam satu bundle data melalui satu tahapan saja dan setelah diterima, web browser akan membagi dan mengaturnya untuk menyusun halaman yang diminta.

HTTP/2 juga lebih canggih dan cepat dibanding protokol SPDY yang telah dikembangkan Google untuk memperbaiki kelemahan di HTTP/1.1. Kesuksesan SPDY inilah yang menjadi dasar untuk pengembangan protokol HTTP/2. Setelah draft final protokol HTTP/2 disetujui, Google pun akan mulai mengganti SPDY dengan HTTP/2.

Edy memaparkan lebih lanjut bahwa HTTP/2 sudah didukung oleh peramban seperti IE versi 11, Firefox 38, Chrome 42, Safari 9, Opera 30, iOS Safari 9, serta Chrome for Android v42. Namun belum semua server mendukung teknologi HTTP/2 ini sehingga fitur HTTP/2 belum dapat dinikmati secara luas.

“Dua webserver yang sudah mendukung penuh HTTP/2 adalah Microsoft IIS 10 dan LiteSpeed Enterprise versi 5.0 yang juga dipakai di Dewaweb. Saat ini, Dewaweb menjadi layanan hosting pertama di Indonesia yang HTTP/2 Ready dan juga kompatibel penuh dengan protokol HTTP/1.1 maupun SPDY. Kami telah melakukan upgrade semua server layanan cloud hosting yang dimiliki Dewaweb ke HTTP/2 pada akhir bulan lalu mengingat betapa pentingnya kehadiran generasi protokol web terbaru ini. Ke depannya, HTTP/2 bukan hanya akan menjadi solusi berinternet cepat dan aman, tapi juga merupakan pondasi evolusi yang akan mengubah dunia. Layanan HTTP/2 Ready ini merupakan wujud dari komitmen kami untuk senantiasa memberikan pengalaman Internet yang terbaik untuk para pelanggan dan mitra kami. Di Dewaweb, kami berupaya agar layanan kami memungkinkan teknologi web masa depan dinikmati sekarang oleh masyarakat Indonesia.” Tutup Edy.

dewaweb2

PT Dewaweb dan HTTP/2
PT Dewaweb yang didirikan pada tahun 2014 adalah perusahaan penyedia web hosting dan server berbasis cloud pertama (dari level software, hardware, dan network), berkualitas dan terpercaya di Indonesia yang menggunakan Symantec EV SSL Secure Site Certificate untuk melindungi situsnya dan juga telah siap mendukung adopsi HTTP/2 untuk memberikan pengalaman internet terbaik untuk para pelanggan dan mitranya.

Untuk pelanggan yang ingin memindahkan websitenya ke Dewaweb, juga tersedia bantuan penuh selama proses migrasi secara gratis tanpa downtime dan live support 24/7 via helpdesk, live chat dan telepon. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Dewaweb dan layanannya, silahkan kunjungi

https://www.dewaweb.com

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan Dewaweb, mohon menghubungi:
Yohannes Affandy Siregar
E: marketing@dewaweb.com
P: +62 21-2977-8077

 

(MT-Adv)

Check Also

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah di Sulsel yang masuk dalam kategori rawan bencana longsor, Rabu 28 September 2016 / Arul ramadhan

Bupati himbau masyarakat waspada, Jeneponto bakal dilanda “banjir”

JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menghimbau kepada seluruh warga Jeneponto tetap waspada, khususnya yang …