Selasa , Januari 23 2018
Home / News / Dekati empat Parpol, Ichsan Yasin Limpo belum tentu diusung
Bakal balon (balon) Gubernur Sulsel Ichsan Yasib Limpo menggelar pertemuan tertutup dengan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulsel Andi Ridwan Wittiri dan pengurus PDIP Sulsel di Hotel Sahid Jaya, Jumat 14 Oktober 2016. / Ihwan Fajar (Dok MT)
Bakal balon (balon) Gubernur Sulsel Ichsan Yasib Limpo menggelar pertemuan tertutup dengan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulsel Andi Ridwan Wittiri dan pengurus PDIP Sulsel di Hotel Sahid Jaya, Jumat 14 Oktober 2016. / Ihwan Fajar (Dok MT)

Dekati empat Parpol, Ichsan Yasin Limpo belum tentu diusung

MAKASSAR – Pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel 2018 masih dua tahun mendatang. Tetapi hiruk-pikuk Pilgub Sulsel 2018 mulai terlihat, masing-masing bakal calon (balon) Gubernur Sulsel mulai memperlihatkan pergerakan politiknya.

Terakhir, yang dilakukan balon Gubernur Sulsel Ichsan Yasin Limpo yang mulai mendekati dan melakukan komunikasi politik dengan empat partai politik (parpol), Partai Amanat Nasional (PAN) Sulsel, Partai Demokrat Sulsel, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulsel, dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Sulsel.

Kendati demikian, apa yang dilakukan Ichsan tidak serta merta diterima parpol tersebut. Alasannya, saat ini parpol itu belum melakukan mekanisme penjaringan balon Gubernur Sulsel.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sulsel Rudy Pieter Goni mengatakan pertemuan antara partainya dengan Ichsan tidak serta merta akan mengusung mantan Bupati Gowa tersebut di Pilgub Sulsel 2018. Pasalnya, saat ini PDIP Sulsel belum melakukan mekanisme penjaringan calon untuk Pilgub Sulsel.

“Kami belum bahas soal Pilgub. Pembahasan Pilgub baru dilakukan setelah Pilkada Takalar usai,” ujarnya kepada MAKASSARTERKINI.com di ruang Komisi D Bidang Pembangunan DPRD Sulsel, Makassar, Senin 17 Oktober 2016.

Rudy yang tak lain Wakil Ketua Komisi D Bidang Pembangunan DPRD Sulsel ini mengungkapkan PDIP Sulsel baru akan melakukan penjaringan calon Gubernur Sulsel 10 bulan sebelum pelaksanaan Pilgub Sulsel.

“Kalau pelaksanaan Pilgub Sulsel Juli, berarti Mei kami sudah melakukan mekanisme penjaringan,” sebutnya.

Begitu juga dengan PAN Sulsel, yang belum memastikan akan mengusung adik kandung Gubernur Sulsel itu, meski sudah ada komunikasi politik yang dibangun.

Sementara itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW PAN Sulsel Irwandi Natsir mengatakan pertemuan antara elite DPW PAN Sulsel dengan Ichsan Yasin Limpo tidak bisa dijadikan patokan apakah PAN akan mengusung Ichsan atau tidak di Pilgub Sulsel nanti.

Alasannya, sampai saat ini di PAN Sulsel belum ada pembahasan soal usungan di Pilgub Sulsel nanti. “Belum ada pembahasan soal Pilgub. Pada 2017 nanti baru dimulai pembahasannya,” singkatnya.

Sekadar diketahui, PDIP dan PAN merupakan partai yang memiliki historis kedekatan dengan keluarga Yasin Limpo. Apalagi di dua Pilgub lalu, dua partai ini adalah partai pengusung utama Syahrul Yasin Limpo.  (A)

Ihwan Fajar

Check Also

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah di Sulsel yang masuk dalam kategori rawan bencana longsor, Rabu 28 September 2016 / Arul ramadhan

Bupati himbau masyarakat waspada, Jeneponto bakal dilanda “banjir”

JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menghimbau kepada seluruh warga Jeneponto tetap waspada, khususnya yang …