Sabtu , Februari 24 2018
Home / - / Dinas Peternakan Sulsel bantah Sapi di Maros mati karena Antraks
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Sulsel, Abdul Azis (foto: Arul Ramadhan)
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Sulsel, Abdul Azis (foto: Arul Ramadhan)

Dinas Peternakan Sulsel bantah Sapi di Maros mati karena Antraks

MAKASSAR – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulawesi Selatan (Sulsel) membantah kematian beberapa ekor sapi di Dusun Bantimurung, Desa Jenetaesa Kecamatan Simbang, Maros, disebabkan Antraks.

“Jadi begini, setelah mendapatkan info itu, teman-teman langsung turun bersama Balai Besar Kesehatan Maros. Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata negatif antraks,” ujar Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulsel, Abdul Azis, Rabu 24 Agustus 2016.

Katanya, kematian 3 Sapi di kabupaten Maros diduga keracunan makanan, hal itu dilihat tidak adanya tanda-tanda penyakit antraks.

Adapun ciri-ciri penyakit antraks menurut Abdul Aziz, yakni terlihat pada bulunya yang kusam, fisiknya lemah, suhu tubuh badannya 50 derajat celcius, dan sering keluar darah pada lubang urine dan tinja. Sehingga, jika menemukan sapi dengan kondisi tersebut, diharapkan untuk melaporkan kepada Dinas Peternakan setempat agar tidak terjadi penularan.

“Kita menduga sapi yang mati itu karena keracunan makanan, bisa jadi saat makan rumput yang telah terkena racun hama atau penggugur,” tambahnya.

Sejauh ini, katanya, persediaan Sapi dengan total 1,4 juta ekor itu telah dilakukan pemeriksaan dan positif terbebas dari penyakit. “Total keseluruhan ada 1,4 juta ekor, serta untuk idul qurban kami sudah sediakan 45 ribu ekor sapi sehat,” pungkasnya.

Sebelumnya, Pusat Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Kelautan dan Perikanan (DPKP) Kabupaten Maros telah mengeluarkan hasil uji laboratorium terhadap 3 sapi milik warga yang mati secara mendadak di Dusun Bantimurung, Desa Jenetaesa Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Jumat 19 Agustus 2016 lalu.

Arul Ramadhan

Check Also

Sekretaris Jendral Golkar Idrus Marham. / Muh Nasruddin (Dok MT)

Golkar siapkan Nurdin Halid di pilgub Sulsel

MAKASSAR – Partai Golkar mulai mempersiapkan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD I Golkar Sulsel, Nurdin …