Sabtu , Februari 24 2018
Home / News / Dua Tersangka Kasus Korupsi Kapal Ikan Segera Diadili
Ilustrasi
Ilustrasi

Dua Tersangka Kasus Korupsi Kapal Ikan Segera Diadili

MAKASSAR – Dua tersangka Kasus dugaan korupsi proyek pengadaan dan pembangunan kapal 10 Gross Ton (GT) dan alat tangkap ikan di Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten selayar tahun 2013 akan segera diseret ke Pengadilan Tipikor Makassar.

“Yang bersangkutan sudah kita tahan di Rutan Makassar tinggal perampungan berkas perkara,” kata Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasipidsus) Kejari Selayar, Firman Sirait, Kamis, 31 Maret 2016.

Kasus ini ditangani Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sulselbar. Dua tersangka dalam kasus ini, yakni rekanan Andi Bahtiar dan PPTK, Muhammad Dahyar.

Kedua tersangka resmi ditahan sejak Selasa, 29 Maret 2016. Kata Firman, mereka ditahan di Rutan Makassar untuk mengefesienkan serta memudahkan JPU dalam proses pelimpahan tersangka di persidangan.

Lihat juga: Kejaksaan Diminta Tak Lindungi Aktor Korupsi Alkes Belopa

Diketahui, Proyek sebesar Rp 8 miliar tersebut bersumber dari anggaran DAK dalam APBD Kabupaten kepualauan Selayar. Dari Rp 8 miliar dana yang dikucurkan dinas Kelautan mengalokasikan kepada bidang perikanan tangkap sebesar Rp 5 miliar.

Sedangkan Rp 3 miliarnya lagi digunakan untuk pembangunan 4 unit kapal penangkap ikan bersama mesin dan alat tangkapnya.

Dalam proyek pembangunan kapal tersebut pihak rekanan tidak melaksanakan pembangunan kapal sesuai spesifikasi, yang tertuang dalam kontrak.

Sedangkan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) justru membuatkan berita acara kemajuan fisik 100 persen. Dengan hasil pemeriksaan baik dan cukup.

Berdasarkan hasil audit dari Badan Pemeriksaan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulsel, menemukan adanya indikasi kerugian negara sebesar Rp 1 miliar.

Check Also

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah di Sulsel yang masuk dalam kategori rawan bencana longsor, Rabu 28 September 2016 / Arul ramadhan

Bupati himbau masyarakat waspada, Jeneponto bakal dilanda “banjir”

JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menghimbau kepada seluruh warga Jeneponto tetap waspada, khususnya yang …