Sabtu , Februari 24 2018
Home / Headline / Hakim Putuskan Perkara CPI Dimenangkan Pemprov
Suasana sidang putusan perkara CPI di PTUN Makassar, Kamis 28 Juli 2016 / Arul Ramadhan
Suasana sidang putusan perkara CPI di PTUN Makassar, Kamis 28 Juli 2016 / Arul Ramadhan

Hakim Putuskan Perkara CPI Dimenangkan Pemprov

MAKASSAR – Setelah melewati berbagai pertimbangan dalam sidang-sidang sebelumnya, akhirnya, tepat pada Kamis 28 Juli 2016 siang tadi, Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTUN) Makassar resmi memutuskan proyek reklamasi Centre Point of Indonesia (CPI) dimenangkan pihak Pemprov Sulsel, Kamis 28 Juli 2016.

Majelis hakim yang dipimpin Teddy Romyadi, serta Joko Setiono dan Jafar Wahyu Jatmiko selaku hakim anggota, menilai gugatan Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sulsel tidak cukup kuat untuk menghentikan proyek reklamasi tersebut. Beberapa gugatan tersebut di antaranya dampak lingkungan baik itu pohon bakau, terumbu karang, dan bau busuk semuanya ditolak.

“Berdasarkan hasil sidang maka dengan ini dinyatakan menolak kesimpulan pihak penggugat,” kata Teddy yang diikuti ketukan palu.

Dalam mengambil keputusan itu, hakim tidak satu pandangan. Saat pembacaan putusan, hakim anggota lainnya berbeda pendapat atau dissenting opinion. Namun demikian ketua majelis tetap memenangkan pihak Pemprov Sulsel.

Direktur Eksekutif Nasional Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Nur Hidayati, menyatakan tidak puas dengan putusan tersebut. Dia menilai putusan tersebut tidak menyeluruh menolak gugatannya karena terdapat dissenting opinion dari hakim lainnya.

“Tadi ada beberapa hal yang perlu kita catat bahwa hakim tidak sepenuhnya memberikan putusan secara menyeluruh karena perbedaan pendapat hukum dari ketiganya,” kata Nur Hayati.

Arul Ramadhan

Check Also

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah di Sulsel yang masuk dalam kategori rawan bencana longsor, Rabu 28 September 2016 / Arul ramadhan

Bupati himbau masyarakat waspada, Jeneponto bakal dilanda “banjir”

JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menghimbau kepada seluruh warga Jeneponto tetap waspada, khususnya yang …