Senin , Januari 22 2018
Home / News / Ilham Arief Sirajuddin Divonis 4 Tahun Bui
Suasana persidangan kasus korupsi kerjasama PDAM Makassar di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat
Suasana persidangan kasus korupsi kerjasama PDAM Makassar di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat

Ilham Arief Sirajuddin Divonis 4 Tahun Bui

MAKASSAR – Mantan Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin, dinyatakan terbukti bersalah oleh Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat dalam kasus korupsi kerjasama PDAM Makassar dengan PT Traya Tirta Makassar tahun 2007-2013, Senin, 29 Februari 2016.

Majelis hakim yang diketuai Tito Suhud menilai Ilham terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama. Sidang vonis itu berlangsung selama kurang lebih 4 jam.

Lihat juga : Jelang Vonis PDAM, IAS : Kekuatan Saya Adalah Doa

Vonis yang dijatuhkan hakim lebih rendah dibanding tuntutan jaksa penuntut umum dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), selama 8 tahun bui. Tito menilai Ilham melanggar pasal 2 ayat 1 jo Pasal 18 Undang-undang Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-undang Nomor 20 tahun 2001 jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 jo Pasal 64 ayat 1 KUHPidana.

Ilham di kasus ini dianggap telah merugikan negara dalam hal ini PDAM Makassar senilai Rp 45,8 miliar. Dalam kerjasama PDAM dengan PT Traya Tirta Makassar, Ilham dinilai telah mengintervensi sehingga kerjasama itu tidak sesuai prosedur.

Ilham pun dianggap telah memperkaya Direktur PT Traya, Hengky Wijaya sekitar Rp 40 miliar. Hengky juga diseret di kasus ini, namun dalam proses peradilan Hengky meninggal dunia.

Check Also

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah di Sulsel yang masuk dalam kategori rawan bencana longsor, Rabu 28 September 2016 / Arul ramadhan

Bupati himbau masyarakat waspada, Jeneponto bakal dilanda “banjir”

JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menghimbau kepada seluruh warga Jeneponto tetap waspada, khususnya yang …