Selasa , Januari 23 2018
Home / News / Ini 10 Daerah di Sulsel Calon Peraih Adipura

Ini 10 Daerah di Sulsel Calon Peraih Adipura

 

MAKASSAR – Sebanyak 10 Kabuten Kota di Sulawesi Selatan (Sulsel) berhasil menembus Pemantauan tahap kedua (P2) sebagai calon pemegang Adipura. Peninjauan dan pemantauan itu dilakukan lansung dari dewan Adipura yang terdiri dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, LSM dan perguruan tinggi.

Sepuluh daerah itu adalah Makassar, Palopo, Parepare, Sidrap, Soppeng, Bantaeng, Selayar, Bulukumba, Pinrang dan Wajo. Sebelumnya, ada 14 daerah yang lolos di penilaian tahap pertama (P1), namun tiga daerah yaitu Malili (Lutim), Enrekang dan Sinjai tak lolos ke P2.

Lihat juga: Sekdis Pendidikan: Sekolah Negeri Harus Contohi Sekolah Swasta
“Hasil penilaiannya akan diumumkan dan diberikan penghargaan tanggal 5 Juli bersamaan dengan hari lingkungan hidup. Kita berharap ada penambahan daerah yang mendapatkannya dari sebelumnya hanya 7 daerah,” kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Sulsel, Andi Hasbi Nur, kepada MAKASSARTERKINI.com Kamis 19 Mei 2016.

Lebih jauh, Hasbi menjelaskan jika tahun ini proses penilaian lebih berat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan ada penambahan aspek penilaian untuk ketertutupan kawasan lahan dan masalah pertambangan.

Lihat juga: Pekerja Seks Akan Dibekali Keterampilan Kerja
Tiga daerah yang tak lolos tahapan kedua, ditambahkan Hasbi diakibatkan pada masalah tempat pembuangan akhir (TPA).

“Meskipun daerahnya bersih kalau tak menerapkan control landvile tak akan lolos. Masalah lain yang dinilai adalah proses daur ulang, penghijauan, kebersihan saluran air, taman dan hutan kota,” tutupnya.

Arul Ramadhan

Check Also

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah di Sulsel yang masuk dalam kategori rawan bencana longsor, Rabu 28 September 2016 / Arul ramadhan

Bupati himbau masyarakat waspada, Jeneponto bakal dilanda “banjir”

JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menghimbau kepada seluruh warga Jeneponto tetap waspada, khususnya yang …