Senin , Januari 22 2018
Home / News / Ini aplikasi serupa sekretaris pribadi yang mengatur keuangan pribadi
esatnya perkembangan teknologi digital, muncul beberapa aplikasi perencana keuangan yang memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mengelola atau belajar terkait keuangan. / Ist
esatnya perkembangan teknologi digital, muncul beberapa aplikasi perencana keuangan yang memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mengelola atau belajar terkait keuangan. / Ist

Ini aplikasi serupa sekretaris pribadi yang mengatur keuangan pribadi

MAKASSARTERKINI.COM – Pesatnya perkembangan teknologi digital, memunculkan beberapa aplikasi perencana keuangan yang memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mengelola atau belajar terkait keuangan.

Ini dimulai dari sekadar mengelola pengeluaran bulanan hingga perencanaan berinvestasi. Untuk itu, Anda disarankan memilih aplikasi yang tepat sehingga bisa memaksimalkan manfaatnya. Beberapa aplikasi dirangkum MAKASSARTERKINI.COM, mungkin dapat menjadi referensi “sekretaris pribadi” pilihan Anda.

Alikasi Toshl Finance yang serupa permainan

Aplikasi ini tengah digemari di Indonesia lantaran lebih mirip permainan ketimbang simulasi pengelolaan uang. Saat masuk ke dalam aplikasi, Anda bakal bertemu animasi berbentuk monster lucu. Jangan salah, sebab monster itu adalah figur yang akan mengawal seseorang dalam mengelola uang dengan Toshl.

Setelah Sign Up, tentunya pengguna akan diminta mengatur waktu pengingat atau reminder. Fitur ini fungsinya untuk memberikan notifikasi agar kita memasukkan jumlah uang yang sudah dikeluarkan setiap harinya. Kita pun bisa memasukkan jumlah uang dan untuk apa uang tersebut dibelanjakan.

Oleh karena itu, jangan ragu menuliskan secara terperinci dan mendetail semua pengeluaran. Misalnya, untuk membeli minuman merek tertentu atau biaya parkir selama beberapa jam di pusat perbelanjaan.

Mengapa rincian tersebut penting, ini karena rincian membuat seseorang mengetahui pengeluaran tidak penting yang sebenarnya bisa dihindari. Pengguna juga bisa mengatur budget sendiri untuk semua kebutuhan bulanan. Ketika pengeluaran sudah melebihi budget, secara otomatis akan mendapatkan notifikasi. Toshl Finance bisa diunduh secara gratis di Android Market, Windows Phone, dan App Store.

Aplikasi Atur Uang buatan anak negeri

Salah satu aplikasi keren terkait manajerial uang adalah “Atur Uang”. Aplikasi buatan anak negeri ini menawarkan kemudahan dalam penggunanya. Untuk menggunakannya, seseorang bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis di Android Market.

Jika ingin menggunakannya secara offline dan tidak membutuhkan koneksi internet bisa memilih “Atur Uang Personal”. Setelah mendaftar, pada bagian dashboard kita diminta untuk memasukkan anggaran yang dimiliki serta pengeluaran-pengeluaran rutin per harinya. Aplikasi ini selanjutnya akan mengkalkulasikan pesentase keuangan dalam bentuk excel dan grafik yang bisa diunduh.

Dari grafik, pengguna bisa mengetahui kondisi keuangan serta kebutuhan-kebutuhan yang terlewati dan anggaran yang sia-sia. Atur Uang membagi kalkulasi per bulan sehingga bisa membandingkan kondisi keuangan setiap bulannya. Namun, bila tak memiliki kemampuan dalam membaca grafik sepertinya akan kesulitan membaca hasil dari kalkulasi keuangan di aplikasi ini. Lewat aplikasi ini pengguna juga bisa menghitung berapa uang yang perlu disiapkan sesuai jangka waktu yang diinginkan.

Aplikasi gratis Commlife Financial Calculator

Aplikasi gratis milik Bank Commonwealth ini layak dicoba bagi yang peduli terhadap perencanaan keuangan, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Misalnya, merencanakan pernikahan, memiliki rumah, mempersiapkan dana pendidikan anak, membeli mobil, rencana liburan, hingga perencanaan keuangan untuk masa pensiun. Karena berbentuk simulasi, aplikasi ini tidak menuntut kita untuk menjadi nasabah Bank Commonwealth atau menjadi member terlebih dulu. Data diri yang harus diisi pun tidak harus “benar”. Jadi, tidak perlu khawatir terhadap “hacker” atau malware yang sering mencuri data bank.

Proses awal, calon pengguna aplikasi akan diminta mengisi nama, usia, jenis, kelamin, status pernikahan, serta jumlah anak. Setelah itu, seseorang akan dibawa pada halaman pilihan jenis perencanaan. Pada pilihan pertama misalnya, kita diajak untuk memahami karakter dalam hal keuangan.

Ini misalnya apakah kita termasuk orang yang takut atau berani mengambil risiko. Aplikasi selanjutnya akan memberikan saran terkait tujuan investasi yang harus diambil berdasarkan profil keuangan Misalnya, ketika kita memutuskan untuk membeli rumah dalam jangka waktu lima tahun, maka kita harus mengisi berapa jumlah uang yang dibutuhkan. Hasil yang akan didapatkan adalah berupa perhitungan  jumlah uang yang harus ditabung setiap bulannya.

Simulasi ini dikemas secara menarik, dengan tampilan grafis yang menyenangkan, dan langkah-langkah yang mudah dipahami awam. Aplikasi ini juga cocok bagi pemula yang sama sekali belum memahami hal-hal keuangan. Commlife Financial Calculator diluncurkan pada November 2015 dan bisa diunduh secara gratis melalui Android Market atau App Store milik Apple.

Check Also

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah di Sulsel yang masuk dalam kategori rawan bencana longsor, Rabu 28 September 2016 / Arul ramadhan

Bupati himbau masyarakat waspada, Jeneponto bakal dilanda “banjir”

JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menghimbau kepada seluruh warga Jeneponto tetap waspada, khususnya yang …