Sabtu , Februari 24 2018
Home / Ekonomi / Ini hasil yang dicapai Pos Indonesia untuk bangsa di HUT ke-270
Kepala Kantor Regional X Sulawesi Maluku Arifin Muchlis memberikan sambutan dan memotong tumpeng saat hari ulang tahun (HUT) ke-270 Pos Indonesia di halaman Kantor Pos Indonesia, Jalan Slamet Riyadi, Makassar, Jumat (26/8/2016). / Masyudi Firmansyah
Kepala Kantor Regional X Sulawesi Maluku Arifin Muchlis memberikan sambutan dan memotong tumpeng saat hari ulang tahun (HUT) ke-270 Pos Indonesia di halaman Kantor Pos Indonesia, Jalan Slamet Riyadi, Makassar, Jumat (26/8/2016). / Masyudi Firmansyah

Ini hasil yang dicapai Pos Indonesia untuk bangsa di HUT ke-270

MAKASSAR – PT Pos Indonesia (Persero) sebagai badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa kurir dan logistik, hari ini Jumat (26/8/2016), genap memasuki usia 270 tahun dalam pengabdiannya untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Di usianya ini, Pos Indonesia semakin mencanangkan tekadnya untuk menjadikan tahun ini sebagai tonggak kebangkitan menjadi perusahaan jasa pengiriman logistik raksasa dari timur.

“Selama 270 tahun, Pos Indonesia  telah berperan dalam melayani masyarakat hingga ke wilayah perbatasan, baik sejak masa kolonial maupun kemerdekaan,” ujar Kepala PT Pos Regional X Sulawesi dan Maluku Arifin Mukhlis dalam sambutannya di halaman Kantor Pos Indonesia, Jalan Slamet Riyadi, Makassar, Jumat (26/8/2016).

Ia menambahkan, pihaknya akan terus berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan dengan cara melakukan modernisasi dan mengoptimalkan sumber daya yang ada. Selain itu, pihaknya juga akan menyelaraskan dan mengaplikasikan perkembangan teknologi informasi (TI) yang kian canggih dalam industri kurir di perusahaan.

“Hal ini kami lakukan agar Pos Indonesia turut membangun perekonomian negeri. Di samping itu, juga memiliki peran strategis dalam menjaga kedaulatan negara, yaitu merekatkan komunikasi, menggerakkan perekonomian rakyat, maupun perantara efektif hubungan dengan berbagai institusi,” papar Arifin.

Selain itu, pihaknya akan memodernisasi perangkat dan komponen terkait sumber daya manusia yang ada, juga dalam menghadapi perkembangan digitalisasi yang semakin canggih.

Sementara itu, Kepala Kantor Pos Makassar Proklamasiany W Gustiara saat menggelar jumpa pers terkait HUT Pos Indonesia, mengatakan pihaknya telah menjadi benang yang merajut interkoneksi 17 ribu pulau bersama 250 juta penghuninya, tersebar dari Sabang sampai Merauke, mulai dari Talaut hingga ke Rote.

“Pada masa radio, telepon apalagi internet belum hadir sebagai pilihan warga untuk berkomunikasi, mengirim barang maupun uang hanya dapat memanfaatkan jasa Pos Indonesia,” bebernya.

Oleh karena itu, Proklamasiany menyebut Pos Indonesia semakin agresif berbenah. Salah satunya dengan teknolgi benchmarking yang dilakukan dengan industri sejenis maupun sektor yang berbeda, baik dalam negeri maupun luar negeri. Sehingga, target-target baru dicanangkan, strategi baru mulai disusun, serta kompetensi baru mulai diraih.

Di sela perayaan HUT, ada dua misi penting Pos Indonesia yang disampaikannya. “Sebagai perpanjangan pemerintah dalam konteks pembangunan, kami memiliki tugas untuk menjangkau masyarakat hingga ke daerah-daerah perbatasan agar mereka bisa mendapatkan pelayanan yang baik,” imbuhnya.

Artinya, sebut Proklamasiany, perseroan sebagai “agent for development” pemerintah, harus terus dijalankan. “Kedua adalah sebagai perusahaan yang berorientasi pada bisnis, yang memiliki target laba dan tanggung jawab terhadap pemegang saham. Di sini, kami harus berkontribusi menghasilkan dividen dan memenuhi kewajiban perpajakan,” alasannya.

Oleh karena itu, Pos Indonesia siap meningkatkan perannya agar disparitasnya tidak terlalu jauh. Salah satunya dengan mengoptimalkan kekuatan jaringan agar masyarakat di pelosok bisa mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga yang wajar.

Suriani Echal Panca

Check Also

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah di Sulsel yang masuk dalam kategori rawan bencana longsor, Rabu 28 September 2016 / Arul ramadhan

Bupati himbau masyarakat waspada, Jeneponto bakal dilanda “banjir”

JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menghimbau kepada seluruh warga Jeneponto tetap waspada, khususnya yang …