Senin , Januari 22 2018
Home / Health / Ini kebiasaan yang membuat hidup lebih sehat
Hidup sehat adalah dambaan setiap orang. Tidak mengherankan jika ada pepatah lama yang menyebutkan, kesehatan adalah harta utama seseorang. / Ist
Hidup sehat adalah dambaan setiap orang. Tidak mengherankan jika ada pepatah lama yang menyebutkan, kesehatan adalah harta utama seseorang. / Ist

Ini kebiasaan yang membuat hidup lebih sehat

MAKASSARTERKNI.COM – Hidup sehat adalah dambaan setiap orang. Tidak mengherankan jika ada pepatah lama yang menyebutkan, kesehatan adalah harta utama seseorang.

Beberapa kegiatan yang dirangkum MAKASSARTERKINI.com di bawah ini kelihatannya memang sangat sederhana guna diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, rutin melakukannya membawa perubahan besar pada kesehatan.

Saat minum teh celupkan kantong teh lebih lama

Seperti diketahui, teh dapat mengurangi risiko serangan jantung dan kanker jenis tertentu, diabetes tipe dua dan penyakit parkinson. Berdasarkan hasil studi dari Inggris, lebih banyak antioksidan dihasilkan dalam teh yang dicelup selama lima menit ketimbang hanya dicelup selama satu-dua menit.

Saat meeting berdiri supaya lebih kreatif

Tak terlalu banyak duduk saat beraktivitas baik untuk kesehatan. Riset beberapa jurnal kesehatan mengungkapkan, terlalu banyak duduk meskipun seseorang rutin berolahraga, dapat menyebabkan obesitas, diabetes tipe dua, dan kanker. Studi terbaru dari Washington University juga menganjurkan seseorang untuk selalu berdiri, baik tengah rapat agar ide atau isi rapat jadi lebih kreatif.

Di dalam studi tersebut, sejumlah pegawai diberi waktu selama 30 menit untuk membuat video rekrutmen untuk universitas. Grup yang bekerja di ruangan tanpa kursi mengusulkan ide-ide lebih kreatif dan membuat video lebih bagus ketimbang grup yang hanya duduk terus.

Saat buang ingus jangan langsung dari dua lubang hidung

Studi dari University of Virginia mengungkapkan, membuang ingus terlalu kencang menyebabkan tekanan besar di lubang hidung. Justru hal tersebut mendorong lendir masuk ke rongga sinus yang dapat mengakibatkan infeksi. Lebih baik membuang ingus dari satu lubang hidung secara bergantian.

Saat minum vaksin atau obat flu berolahraga ringanlah

Vaksin  adalah cara terbaik untuk mencegah virus flu, namun hal tersebut hanya efektif sekitar 50 persen hingga 70 persen. Berolahraga sebelum atau sesudah mendapatkan vaksin dapat memacu sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi antibodi lebih banyak. Dalam salah satu penelitian Iowa State University, mahasiswa yang joging atau bersepeda dalam kecepatan sedang selama 90 menit setelah menerima vaksin, menghasilkan jumlah antibodi berlipat ketimbang yang hanya duduk pasif.

Tambahkan porsi protein lebih banyak dalam sarapan

Ada nasihat klasik yang sering didengar orang-orang yang sedang berdiet, kurangi konsumsi karbohidrat, makan lebih banyak makanan berprotein. Namun, waktu mengonsumsinya yang sebenarnya terpenting. Bila termasuk orang yang mengonsumsi lebih banyak protein saat makan malam ketimbang saat sarapan, mulai sekarang coba balik.

Pasalnnya, banyak penelitian menunjukkan orang-orang yang mengonsumsi makanan berprotein tinggi untuk sarapan memiliki tekanan darah lebih rendah sepanjang hari sehingga bisa mengurangi rasa lapar, dan keinginan yang lebih kecil untuk mengudap makanan tidak sehat di malam hari.

Saat bersihkan gigi gunakan benang khusus gigi

Banyak dokter gigi menganjurkan seseorang bisa membersihkan sisa makanan berukuran besar pada gigi menggunakan sikat gigi, dan untuk membersihkan partikel-partikel serta bakteri yang tertinggal, lebih baik dibersihkan dengan benang gigi.

Kendati demikian, jangan sentakkan benang gigi dengan gerakan ke atas dan bawah saat membersihkan gigi. Agar gigi bersih menyeluruh, buat bentuk huruf “C” dengan benang gigi mengitari setiap gigi dan perlahan gerakkan ke atas dan bawah. Sebaiknya, bersihkan dengan benang gigi saat sudah menyikat gigi secara reguler.

Check Also

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah di Sulsel yang masuk dalam kategori rawan bencana longsor, Rabu 28 September 2016 / Arul ramadhan

Bupati himbau masyarakat waspada, Jeneponto bakal dilanda “banjir”

JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menghimbau kepada seluruh warga Jeneponto tetap waspada, khususnya yang …