Sabtu , Februari 24 2018
Home / - / Ini langkah Taufan Pawe atasi krisis air bersih di Parepare
Wali Kota Parepare Taufan Pawe bersama Direktur PDAM memeriksa stok air di Salo Karajae dan pengolahan air bersih di kantor PDAM, Senin 15 Agustus 2016. / Acca Ajatappareng
Wali Kota Parepare Taufan Pawe bersama Direktur PDAM memeriksa stok air di Salo Karajae dan pengolahan air bersih di kantor PDAM, Senin 15 Agustus 2016. / Acca Ajatappareng

Ini langkah Taufan Pawe atasi krisis air bersih di Parepare

PAREPARE – Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe, mengecek langsung kondisi Instalasi Pipa Air (IPA) PDAM, di Salo Karajae, Senin (15/8/2016). Taufan turun bersama Direktur PDAM, Lukman Hakim, dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Syamsuddin Taha, serta sejumlah pejabat PDAM, ‎menyusul keluhan dari masyarakat soal pelayanan distribusi air.

“Kita turun langsung melihat fakta di lapangan, kita mau lihat apa yang terjadi. Banyak muncul keluhan dari masyarakat terkait pelayanan distribusi air,” ujar Taufan Pawe.

Taufan mengatakan, menghadapi keluhan masyarakat pihaknya tidak ingin beralibi dengan menyalahkan kondisi alam (kemarau). “Dari hasil kajian kami, ternyata memang dari hulu ke hilir ada persoalan di mesin. Ada yang rusak atau trible,” katanya.

Kebijakan pemerintah, kata Taufan Pawe, ‎yang akan mengadakan reservoar dan membuat sumur bor dalam, tidak cukup menutupi kekurangan yang ada.

“Kita juga harus melihat secara komprehensif termasuk IPAL. Kita ‎harus lihat kekurangan dan sudah terjawab semuanya tadi. Insya Allah. Dalam waktu tidak terlalu lama kita akan benahi semua,” jelas Taufan Pawe.

Di samping itu, kata Taufan Pawe, masyarakat harus memahami bahwa persoalan ketersediaan air bersih di Parepare tergantung pada dua air permukaan.

“Kita dominan tergantung pada air permukaan. Kita lihat tadi air di Salo Karajae sangat surut. Itulah sebabnya kita mencari solusi dengan membangun sumur bor dalam,” katanya.

Hanya saja, kata Taufan, hal itu butuh kajian akademik dan kajian teknis. Tidak serta merta kemudian kebijakan itu terealisasi dengan waktu singkat.

Dia pun berharap agar pihak PDAM serius dalam menjalankan fungsinya. Masyarakat juga harus mengerti, dan bersabar. “‎Proses pembenahan ini terus berjalan. Insya Allah, 2017 nanti persoalan mengenai ketersediaan air bersih di Parepare tidak ada lagi keluhan. Kami tidak tinggal diam,”ungkap Taufan Pawe. (SPS)

Check Also

Sekretaris Jendral Golkar Idrus Marham. / Muh Nasruddin (Dok MT)

Golkar siapkan Nurdin Halid di pilgub Sulsel

MAKASSAR – Partai Golkar mulai mempersiapkan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD I Golkar Sulsel, Nurdin …