Selasa , Januari 23 2018
Home / News / Ini penjara-penjara seram yang jadi destinasi wisata unik
Siapa yang tidak tahu Alcatraz? Tempat pembuangan narapidana ini sangat sohor di Amerika Serikat (AS), sehingga pulau ini sering dijadikan lokasi syuting film-film Hollywood. Alcatraz yang bediri di atas pulau karang di tengah laut yang dihuni ikan hiu, memiliki reputasi sebagai penjara paling aman karena para narapidana hampir mustahil melarikan diri.  / Ist
Siapa yang tidak tahu Alcatraz? Tempat pembuangan narapidana ini sangat sohor di Amerika Serikat (AS), sehingga pulau ini sering dijadikan lokasi syuting film-film Hollywood. Alcatraz yang bediri di atas pulau karang di tengah laut yang dihuni ikan hiu, memiliki reputasi sebagai penjara paling aman karena para narapidana hampir mustahil melarikan diri. / Ist

Ini penjara-penjara seram yang jadi destinasi wisata unik

MAKASSAR – Beberapa pelaku usaha, khususnya yang bergerak di bidang pariwisata, terus berinovasi untuk menciptakan destinasi wisata yang dapat menarik pengunjung. Selain mempercantik dan menyediakan fasilitas mumpuni, mereka juga mengusung konsep unik.

Konsep unik yang dimaksud seperti yang terlihat dari beberapa destinasi yang dulunya menyeramkan menjadi sesuatu yang menarik dan unik. Pasalnya, mengunjungi tempat-tempat dengan latar belakang sejarah suram seperti penjara maupun tempat pembuangan tahanan, biasanya akan memancing sensasi unik tersendiri, yang berbeda dibandingkan tempat-tempat tujuan wisata konvensional.

Tempat-tempat tersebut ditengarai bisa membawa pengunjung kembali ke masa kelam dalam satu periode sejarah, dan mengajak wisatawan untuk sekadar berkontemplasi. Rumah Anne Frank, anak perempuan korban kekejaman Nazi di Belanda, misalnya. Atau, berbagai penjara berikut ini:

Menyambangi Port Arthur di Australia

Jika ada “penjara” atau tempat pembuangan tawanan terburuk, maka Port Arthur alalah tempat terburuk di antara yang terburuk pada masa lampau. Pasalnya, dulu orang Inggris mengirim narapidana mereka ke satu benua yang sangat jauh, Australia. Tetapi, kemana orang-orang Australia mengirim para narapidana mereka? Jawabannya, tentu saja Port Arthur. Penjara itu telah ditutup pada 1877, namun kisah seramnya tetap hidup sampai sekarang. Tour ke penjara tersedia siang dan malam, dan traveler bisa membayangkan perlakuan kejam yang dialami para narapidana kala tersebut.

Jalan-jalan seru ditemani mantan napi di Alcatraz AS

Siapa yang tidak tahu Alcatraz? Tempat pembuangan narapidana ini sangat sohor di Amerika Serikat (AS), sehingga pulau ini sering dijadikan lokasi syuting film-film Hollywood. Alcatraz yang bediri di atas pulau karang di tengah laut yang dihuni ikan hiu, memiliki reputasi sebagai penjara paling aman karena para narapidana hampir mustahil melarikan diri. Tambahan pemandangan Kota San Fransisco di kejauhan, akan membuat narapidana semakin frustrasi dalam isolasi sel-sel penjara. Jika merencanakan tour ke Negeri Paman Sam, Alcatraz boleh jadi destinasi unik. Alcartraz dibuka siang dan malam, dan bila butuh guide lokal seseorang atau kelompok wisatawan boleh jadi akan ditemani mantan napi. Salah satu spot populer di sana adalah sel Al Capone, mafia ternama di AS dulu.

Membesuk “Nelson Mandela” di Robben Island Afsel

Penjara mengerikan di lepas pantai Cape Town, Afrika Selatan (Afsel) ini telah berubah fungsi menjadi situs untuk mengenang Nelson Mandela. Berkunjunglah ke sana dan Anda dapat menyelami sepenggal kehidupan pejuang anti apartheid di sana. Bagaimana Mandela hidup, makan, dan seperti apa penderitaannya di penjara? Tour akan dipandu mantan napi di sana. Jika beruntung, Anda bisa melihat burung penguin lucu yang bersarang di dekat sana. Kadang-kadang, penguin-penguin itu menyelinap ke dalam penjara. Justru ini menambah daya tarik bagi para wisatawan.

Bukhara Zindan yang “gahar” di Uzbekistan

Inilah tempat para Amir menahan para kriminal sebelum memutuskan kapan akan melempar mereka dari menara untuk menjemput maut. Di bagian tengah penjara terdapat lubang serangga, tempat para tahanan disiksa untuk periode yang lama. Akan tetapi, itu dulu. Kini, Bukhara Zinda telah disulap menjadi museum yang unik.

Nusa Kambangan di Indonesia

Sesungguhnya, tidak ada yang namanya “Penjara Nusa Kambangan”. Yang ada adalah sembilan lembaga pemasyarakatan (LP) yang terletak di Pulau Nusa Kambangan, Jawa Tengah. Dari sembilan, kini hanya ada empat penjara yang masih beroperasi, yaitu LP Batu, LP Besi, LP Kembang Kuning, LP Permisan. Umumnya, para narapidana yang “dibuang” ke sana adalah penjahat kelas kakap dan tahanan politik. Beberapa nama yang pernah singgah adalah Kusni Kadut, pencuri besar era 1960-an dan pelaku bom Bali, Amrozi dan Imam Samudra.

Effendy Wongso

Check Also

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah di Sulsel yang masuk dalam kategori rawan bencana longsor, Rabu 28 September 2016 / Arul ramadhan

Bupati himbau masyarakat waspada, Jeneponto bakal dilanda “banjir”

JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menghimbau kepada seluruh warga Jeneponto tetap waspada, khususnya yang …