Rabu , Februari 21 2018
Home / Headline / Ini video Presiden Soekarno kunjungi Unhas tahun 1962
Video presiden Soekarno kunjungi UNHAS ditahun 1962
Video presiden Soekarno kunjungi UNHAS ditahun 1962

Ini video Presiden Soekarno kunjungi Unhas tahun 1962

MAKASSAR – Video ini berisi kunjungan Presiden Soekarno dan para pejabat tinggi negara serta didampingi Pangdam 7 Wirabuana Brigjend M Jusuf bersama Kosmonot Uni Soviet Titov di Universitas Hasanuddin Makassar pada tahun 1962.

Tampak pada video rombongan Presiden Soekarno mengunjungi Kampus lama Unhas yang berlokasi di Baraya atau Kampus Baraya. Kampus Unhas berdiri pada 11 Juni 1956. Perguruan tinggi ini semula merupakan pengembangan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ketika Bung Hatta masih menjadi Wakil Presiden.

Sedangkan Titov adalah Kosmonot Uni Soviet kedua yang berhasil mengorbit di angkasa dengan pesawat ruang angkasa Soyuz setelah Yuri Gagarin.

German Stepanovich Titov yang lahir 11 September 1935 dan meninggal 20 November 2000 pada umur 65 tahun adalah seorang Kosmonot Uni Soviet, pada tahun 1961, menjadi manusia untuk orbit kapal kedua Bumi Vostok 2, didahului oleh Yuri Gagarin pada Vostok 1.

Dalam video terlihat jelas bagaimana Presiden Soekarno menyapa warga Makassar. Sementara perempuan-perempuan Bugis Makassar masih mengenakan baju bodo tipis.

Video ini juga menampilkan Pantai Losari pada tahun 1962, terlihat perahu layar bersandar.

Film dokumenter tanpa suara ini diunggah oleh Bapak Irsal Kasim (warga Makassar yang bermukim di Swedia) untuk MAKASSARTERKINI.COM

Video Presiden Soekarno kunjungi Unhas pada 1962

Check Also

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah di Sulsel yang masuk dalam kategori rawan bencana longsor, Rabu 28 September 2016 / Arul ramadhan

Bupati himbau masyarakat waspada, Jeneponto bakal dilanda “banjir”

JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menghimbau kepada seluruh warga Jeneponto tetap waspada, khususnya yang …