Sabtu , Februari 24 2018
Home / Komunitas / Karantina Ikan Palu Lepasliarkan Kepiting Bertelur
Karantina Ikan Palu melakukan pelepasliaran kepiting bertelur di kawasan konservasi mangrove kelurahan Kabonga Kecil, kecamatan Banawa, kabupaten Donggala Sulawesi Tengah
Karantina Ikan Palu melakukan pelepasliaran kepiting bertelur di kawasan konservasi mangrove kelurahan Kabonga Kecil, kecamatan Banawa, kabupaten Donggala Sulawesi Tengah

Karantina Ikan Palu Lepasliarkan Kepiting Bertelur

PALU – Pada tanggal 15 Juli 2016, Karantina Ikan Palu melakukan pelepasliaran kepiting bertelur di kawasan konservasi mangrove kelurahan Kabonga Kecil, kecamatan Banawa, kabupaten Donggala Sulawesi Tengah.

Kegiatan pelepasliaran ini melibatkan instansi terkait seperti Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Donggala, Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Makassar Satker Palu, Fakultas Perikanan Universitas Tadulako, Politeknik Palu dan Bank Panin sebagai mitra kerja Karantina Ikan Palu.

Lihat juga : Warga Seenaknya Buang Sampah di Laut, Lihatlah Pemandangan Dermaga Kayu Bangkoa

Adapun jumlah kepiting bakau yg dilepas ke alam sebanyak 115 ekor. Kegiatan pelepasliaran ini merupakan puncak dari rangkaian program Bulan Bakti Karantina Ikan dan Mutu tahun 2016.

Pelepasliaran kepiting bakau merupakan amanat dari Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penangkapan Lobster, Kepiting dan Rajungan.

Untuk jenis kepiting bakau yang bisa dilalulintaskan harus berukuran lebih dari 200 gram dan tidak dalam kondisi bertelur. Jika ditemukan oleh petugas karantina ikan tidak sesuai dengan ukuran tersebut, maka dilakukan penyitaan dan pelepasliaran ke alam.

Check Also

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah di Sulsel yang masuk dalam kategori rawan bencana longsor, Rabu 28 September 2016 / Arul ramadhan

Bupati himbau masyarakat waspada, Jeneponto bakal dilanda “banjir”

JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menghimbau kepada seluruh warga Jeneponto tetap waspada, khususnya yang …