Senin , Januari 22 2018
Home / News / Kepala Kejari Jeneponto Terancam Dicopot
Kejaksaan Tinggi Sulselbar
Kejaksaan Tinggi Sulselbar

Kepala Kejari Jeneponto Terancam Dicopot

MAKASSAR,- Kepala Kejaksaan Negeri Jeneponto, Darmukit, terancam dicopot dari jabatannya. Darmukit disinyalir telah melakukan pelanggaran disiplin dalam melaksanakan tugas sebagai pimpinan di Jeneponto.

Darmukit secara khusus telah diperiksa oleh Bidang Pengawasan Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan dan Barat, Rabu 10 Februari 2016 kemarin.

Asisten Bidang Pengawasan Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan dan Barat, Heri Jerman, mengatakan pelanggaran yang dilakukan Darmukit adalah mangkir dari tugas tanpa izin dari pimpinan. Pelanggaran itu bisa masuk kategori sedang hingga berat.

Lihat Juga: Jaksa Kasus Bansos Sulsel Dipindahkan ke Kejati Sulteng

“Saat saya lakukan inspeksi ke Jeneponto, dia (Darmukit) pergi ke luar kota,” kata Heri.

Dalam inspeksi mendadak (sidak) beberapa hari lalu itu, Heri sempat berkoordinasi dengan Kepala Kejaksaan Tinggi Sulselbar, Hidayatullah, menanyakan apakah Darmukit telah meminta izin pimpinan. Namun ternyata Hidayatullah tidak pernah diberi tahu.

Heri menilai sebagai pimpinan, Darmukit seharusnya bertanggungjawab menjaga wibawa Kejaksaan Negeri Jeneponto. Menurut dia, dalam sidak itu banyak bawahan Darmukit yang melanggar disiplin di antaranya telat ke kantor dan mengenakan seragam tak sesuai aturan.

Lihat Juga: Begini Kondisi Industri Jasa Keuangan di Sulawesi Selatan

“Kalau tidak bisa mengatur bawahan sebaiknya berhenti menjadi pemimpin,” ujar dia.

Heri mengatakan pemeriksaan Darmukit masih tahap klarifikasi. Hasil pemeriksaan akan diekspos secara internal apakah kasusnya akan ditingkatkan ke inspeksi kasus atau tidak.

“Bila bukti pelanggaran sudah jelas, akan kami usulkan sanksi ke Kejaksaan Agung.”

Untuk sementara, kata Heri, Darmukit mengaku sedang sakit sehingga ia berangkat ke luar kota. Namun Heri tidak langsung percaya. Ia bahkan menilai meskipun sakit, Darmukit seharusnya tidak seenaknya pergi begitu saja.

Ahmadi

Check Also

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah di Sulsel yang masuk dalam kategori rawan bencana longsor, Rabu 28 September 2016 / Arul ramadhan

Bupati himbau masyarakat waspada, Jeneponto bakal dilanda “banjir”

JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menghimbau kepada seluruh warga Jeneponto tetap waspada, khususnya yang …