Selasa , Januari 23 2018
Home / Ekonomi / Kiat Memilih Bank yang Tepat Untuk Mengajukan Pinjaman KTA Anda
Ilustrasi Makassar Terkini / Wandy
Ilustrasi Makassar Terkini / Wandy

Kiat Memilih Bank yang Tepat Untuk Mengajukan Pinjaman KTA Anda

MAKASSARTERKINI.com – Salah satu cara memperoleh tambahan dana modal usaha adalah dengan cara meminjam uang di bank. Kredit tanpa agunan (KTA) merupakan salah satu produk kredit yang ditawarkan bank dan instansi penyedia kredit lainnya yang banyak diminati masyarakat. Berbeda dengan pinjaman gadai bpkb yang memerlukan jaminan bpkb mobil atau motor. Dengan mengajukan kredit tanpa agunan, calon peminjam tidak perlu menyediakan jaminan surat-surat berharga atau jaminan lainnya sebagai agunannya.

Meskipun banyak instansi yang menyediakan produk KTA, kita tetap dituntut untuk cermat memilih tempat untuk mengajukan KTA. Portal pinjaman uang tanpa agunan cermati.com memberikan informasi pinjaman KTA sesuai dengan kebutuhan Anda. Meskipun demikian, masing-masing bank memiliki kebijakan dan regulasi yang berbeda-beda dalam ketentuan produk KTA mereka sehingga perlu diteliti lebih lanjut sebelum mengajukan.

Berikut adalah beberapa kiat memilih bank yang tepat untuk mengajukan pinjaman KTA :

Tingkat kredibilitas bank
Kredibilitas suatu bank sangat terkait dengan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap performa bank tersebut. Jika anda hendak mengajukan KTA di suatu bank, maka anda wajib mencari tahu bagaimana kondisi bank tersebut. Reputasi suatu bank sangat mudah untuk dicermati.

Anda dapat menilai kredibilitas suatu bank mulai dari banyaknya jumlah nasabah yang dimiliki bank tersebut. Semakin banyak jumlah nasabah di suatu bank, tentunya juga menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat yang cukup tinggi terhadap bank tersebut. Cek pula tentang bagaimana pelayanan bank tersebut dari nasabah-nasabahnya. Hal tersebut akan mempengaruhi bagaimana keamanan dalam keseluruhan proses pengajuan KTA sampai akhir pelunasannya.

Contoh produk KTA dengan persyaratan yang cukup mudah dari bank yang terkenal adalah KTA Mandiri dari Bank Mandiri

Biaya pemprosesan pengajuan KTA dan suku bunga pinjaman

Ketahui terdapat biaya pada proses pengajuan KTA tersebut. Biaya-biaya tersebut antara lain biaya administrasi, biaya provisi, biaya asuransi, biaya keterlambatan, suku bunga kredit, serta biaya pelunasan kredit yang dipercepat. Masing-masing bank memiliki ketentuan yang berbeda-beda dalam menentukan besarnya biaya tersebut.

Anda sebagai calon peminjam yang hendak mengajukan KTA hendaknya dengan cermat mencari informasi mengenai besaran biaya-biaya tersebut. Semakin kecil biaya-biaya pemprosesan pengajuan KTA maka kredit yang anda dapatkan juga semakin efektif dan lebih menguntungkan bagi anda. Sebagai contohnya, KTA yang dikeluarkan bank Mandiri memiliki ketentuan biaya pemprosesan pengajuan KTA sebesar 2-3% dari besarnya nilai limit KTA yang diajukan.

Limit besarnya KTA yang diajukan

Masing-masing bank memiliki ketentuan dan regulasi yang berbeda-beda dalam produk kredit yang mereka keluarkan. Tentukan sejak awal berapa besarnya pinjaman yang ingin anda ajukan. Hal tersebut, berkaitan dengan penentuan bank mana yang cocok serta dapat mengucurkan dana sesuai dengan jumlah pinjaman KTA yang ingin anda ajukan.

Tiap bank memiliki batas limit besaran dana KTA yang berbeda-beda. Terdapat bank yang memberikan limit KTA hanya 5 hingga 50 juta. Terdapat pula bank yang memberikan limit KTA hingga 300 juta seperti Standard Chartered KTA Online dari bank standard chartered.

Jangka waktu pelunasan KTA
Hal yang tak kalah pentingnya setelah anda menentukan besarnya dana yang ingin anda ajukan KTA adalah menentukan lamanya jangka waktu pembayaran cicilan KTA. Lama jangka waktu kredit akan menentukan besarnya cicilan kredit yang anda bayarkan setiap bulannya.

Meskipun sebagian besar bank memiliki jangka waktu pelunasan KTA sebesar 5 tahun, lebih baik jika anda memilih jangka waktu pelunasan yang relatif singkat agar anda tidak terlalu lama pula membayar cicilan yang nantinya juga akan membebani keuangan anda.

Fasilitas tambahan KTA
Beberapa bank juga memberikan fasilitas tambahan bagi para nasabah KTA-nya. Contoh fasilitas tambahan yang biasa diberikan suatu bank yang melekat dengan produk KTA antara lain fasilias asuransi jiwa.

Dengan adanya fasilitas tambahan yang melekat di produk KTA tentu saja akan menjadi poin plus yang akan menarik minat nasabah baru yang akan mengajukan KTA di bank tersebut.

Syarat pengajuan KTA dan waktu pencairan dana
Meskipun KTA merupakan produk kredit yang tidak memerlukan jaminan, terdapat beberapa persyaratan yang ditetapkan bank untuk calon nasabah yang hendak mengajukan KTA seperti kepemilikan kartu kredit maupun kepemilikan NPWP, serta batas minimal pendapatan untuk pengajuan dana KTA pada jumlah tertentu.

Dalam pengajuan KTA juga terdapat jangka waktu tertentu dalam proses pencairan dana sejak KTA diajukan hingga disetujui. Jika anda membutuhkan dana dalam waktu yang relatif cepat, maka anda hendaknya mencari bank yang memberi beragam kemudahan dalam pemprosesan KTA tersebut.

Check Also

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah di Sulsel yang masuk dalam kategori rawan bencana longsor, Rabu 28 September 2016 / Arul ramadhan

Bupati himbau masyarakat waspada, Jeneponto bakal dilanda “banjir”

JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menghimbau kepada seluruh warga Jeneponto tetap waspada, khususnya yang …