Selasa , Januari 23 2018
Home / Internasional / Kisah Si Monique, Ayam yang Keliling Dunia
Sumber: Facebook Voyage d'Yvinec - Guirec Soudée
Sumber: Facebook Voyage d'Yvinec - Guirec Soudée

Kisah Si Monique, Ayam yang Keliling Dunia

MAKASSARTERKINI.com – Umumnya seseorang bepergian atau travelling membawa hewan peliharaan berupa kucing atau anjing, namun berbeda dengan Guirec Soudée. Pria 24 tahun ini justru membawa ayam betina mengarungi lautan untuk mengelilingi dunia.

Pria asal Brittany di Prancis keliling dunia sejak Mei 2014 dari Kepulauan Canary, Spanyol dan selama dua tahun itu pula setiap jengkal perjalanannya selalu ditemani oleh ayam yang beri nama Monique. Soudee membawanya sejak usianya empat bulan.

“Saya sempat berpikir seekor kucing, tetapi akan butuh usaha lebih banyak untuk merawatnya,” kata Soudee kepada BBC saat menambatkan perahunya di Greenland barat, 13 Juni 2016.

Baca juga: Pria Ini Doyan Ajak Ayam Ketawa Peliharaannya Mendaki Gunung

Ide gila membawa ayam itu karena Guirec menganggap Monique bisa menghasilkan telur dalam perjalanan dan pasti akan menjadi sumber makanan yang baik.

Sumber: Facebook Voyage d'Yvinec - Guirec Soudée
Sumber: Facebook Voyage d’Yvinec – Guirec Soudée

“Ayam betina adalah pilihan ideal karena tidak butuh banyak perawatan dan bisa memberiku telur di tengah laut. Orang-orang mengatakan itu tidak mungkin berhasil karena dia bisa stres dan tidak akan bertelur,” tuturnya.

Dalam perjalanan, Monique hidup nyaman di atas perahu yang panjangnya 11,8 meter itu. Ia juga dibiarkan bebas berkeliaran dek selama perahu mengarungi laut dan akan dikandangkan bila perahu yang diberi nama Yvinec menghadapi cuaca memburuk.

Dalam sepakan, Monique mampu menghasilkan rata-rata enam telur. Meski berada di daerah dingin, seperti Greenland tanpa berjemur selama tiga bulan.

Sumber: Facebook Voyage d'Yvinec - Guirec Soudée
Sumber: Facebook Voyage d’Yvinec – Guirec Soudée

“Pada awalnya saya sangat khawatir – akan gelombang besar dan mungkin dia terantuk, hal itu mencari pengganti bila jatuh ke laut. Tapi dia selalu bangkit. Dia sangat berani..”

Monique juga membuktikan bila tidak seperti ayam lainnya. Dia bisa bermain selancar bersama tuannya, berenang, bahkan menangkap ikan terbang yang tak sengaja mendarat di dek kapal.

Sumber: Facebook Voyage d'Yvinec - Guirec Soudée
Sumber: Facebook Voyage d’Yvinec – Guirec Soudée

Lalu apa kata keluarga dan rekan Guirec saat membawa ayam sebagai pendampingnya menjelajah laut?

“Mereka mengatakan sangat lucu,” katanya. “Mereka sudah lama mengetahuinya, aku benar-benar normal, kok.” lanjutnya.

Kisah perjalanan mereka telah menjadi perhatian para netizen setelah cerita petualangan dan video perjalanannya bersama Monique yang di unggah ke Facebook telah ditonton lebih dari sejuta kali.

Check Also

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah di Sulsel yang masuk dalam kategori rawan bencana longsor, Rabu 28 September 2016 / Arul ramadhan

Bupati himbau masyarakat waspada, Jeneponto bakal dilanda “banjir”

JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menghimbau kepada seluruh warga Jeneponto tetap waspada, khususnya yang …