Senin , Januari 22 2018
Home / News / Kominfo Ajak Siswa SMP Perangi Rokok
Ilustrasi
Ilustrasi

Kominfo Ajak Siswa SMP Perangi Rokok

PAREPARE – Jumlah perokok di kalangan remaja yang terus meningkat menjadi perhatian serius Pemerintah Kota Parepare. Remaja diharapkan tidak hanya menjauhi kebiasaan merokok, namun juga diminta menjadi bagian dari program memerangi bahaya rokok di kalangan generasi muda.

Hal ini terlihat dalam kegiatan talkshow bahaya rokok yang kembali digelar Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, Selasa, 2 Agustus. Dalam kegiatan yang berlangsung di SMP Kristen 2 Parepare, mereka diminta ikut mengkampanyekan bahaya rokok pada orang-orang terdekat.

Sejumlah pertanyaan kritis sempat dilontarkan oleh para pelajar yang rata-rata berumur sekitar 11-13 tahun ini. Talkshow ini disiarkan secara langsung Radio Peduli, 96,9 FM, dan dihadiri Kasubag Perencanaan dan Keuangan Dinas Kominfo, H. Jenamar, S.Kom mewakili Kepala Dinas Kominfo H. Iwan Asaad.

Dalam sambutannya, Jenamar menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan Dinas Kominfo ini sengaja memilih lokasi ruang terbuka di sekolah ini, dengan harapan ada nuansa baru bagi para pelajar dalam menerima materi yang disampaikan.

Selain itu, kegiatan sosialisasi bahaya rokok sengaja menyasar para pelajar mengingat di usia seperti ini sangat rentan menjadi korban bahaya rokok. “Biasanya itu terjadi karena ketidakpahaman atau karena ikut-ikutan sama teman. Ini kita harapkan, dengan mengetahui dampak bahaya rokok, adik-adik bisa menyampaikannya pada teman atau keluarga di rumah,” kata Jenamar.

Tampil sebagai pemateri, Hj. Fitriany Syahrir, SKM dari Puskesmas Lakessi Kecamatan Soreang Parepare. Ia banyak menguraikan tentang dampak bagi kesehatan yang ditimbulkan oleh rokok baik itu perokok aktif maupun perokok pasif.

Kepala Sekolah SMP Kresiten 2 Parepare Drs. Yohanis Mengkana, menyatakan, mengapresiasi kegiatan yang dilaksankan oleh Dinas Kominfo. “Kami selaku pihak sekolah tentu sangat berharap seluruh siswa kami akan menjauhi rokok yang tadi bahaya bagi kesehatan sudah dipaparkan panjang lebar oleh pemateri kita dari Dinas Kesehatan,” katanya.

Talkshow ini merupakan kegiatan kesembilan yang digelar Dinas Kominfo Parepare dari target 10 sekolah. Rencananya, kegiatan talkshow terakhir akan dilaksanakan di SMP Negeri 11 Parepare, 5 Agustus mendatang.

Acca Ajatappareng

Check Also

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah di Sulsel yang masuk dalam kategori rawan bencana longsor, Rabu 28 September 2016 / Arul ramadhan

Bupati himbau masyarakat waspada, Jeneponto bakal dilanda “banjir”

JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menghimbau kepada seluruh warga Jeneponto tetap waspada, khususnya yang …