Sabtu , Februari 24 2018
Home / News / Kosmetik Ilegal Senilai Rp 1 Miliar Diamankan BPPOM
BALAI POM
BALAI POM

Kosmetik Ilegal Senilai Rp 1 Miliar Diamankan BPPOM

MAKASSAR – Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPPOM) Makassar berhasil menyita ribuan alat kosmetik berbahaya tanpa ijin yang siap edar di Jalan Teuku Umar Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Jumat, 11 Maret 2016.

Sejumlah petugas BPOM yang dibackup aparat kepolisian dari Polda Sulselbar menemukan ribuan kosmetik berbahaya di dua tempat berbeda termasuk sebuah rumah yang dijadikan gudang kosmetik.

Kepala BPPOM Muh Guntur mengatakan, dari hasil razia di sejumlah tempat itu di kota Makassar, ribuan kosmetik ini diperkirakan mencapai satu miliar.”Ribuan kosmetik ilegal ini terpaksa disita karena tidak memiliki surat ijin edar dan mengandung bahan berbahaya,” kata Muh Guntur.

Lihat juga: Bahan Makanan Ilegal Seharga Miliaran Rupiah Disembunyi Dipinggiran Makassar

Selain tidak memiliki ijin edar, kata dia, kosmetik yang diperkirakan mencapai satu miliar ini diduga juga melalui proses racikan tanpa ada keahlian sehingga berbahaya bagi kesehatan. “Keberadaan kosmetik ilegal ini merugikan negara dan berbahaya saat digunakan,” tambahnya.

Kosmetik ilegal ini ditemukan berdasarkan laporan warga dan juga hasil penyelidikan. Diduga ribuan kosmetik ilegal ini berasal dari Jakarta dan diedarkan di sejumlah daerah di Sulawesi Selatan.

BPOM masih melakukan pencarian terhadap sumber dan asal kosmetik ilegal. “Untuk pemeriksaan selengkapnya ribuan kosmetik ini dibawa ke kantor BPOM Makassar,” tukas Guntur.

Sementara satu orang pemilik kosmetik ini berinisial A diminta keterangan untuk penyelidikan lebih lanjut, Dia terancam Undang Undang nomor 36/2009 tentang kesehatan, dengan ancaman pidana maksimal 15 tahun penjara dan denda maksimal Rp1,5 miliar.

Herman Kambuna

Check Also

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah di Sulsel yang masuk dalam kategori rawan bencana longsor, Rabu 28 September 2016 / Arul ramadhan

Bupati himbau masyarakat waspada, Jeneponto bakal dilanda “banjir”

JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menghimbau kepada seluruh warga Jeneponto tetap waspada, khususnya yang …