Selasa , Januari 23 2018
Home / Headline / Laporan Utama, Legenda Coto Makassar
Legenda Coto
Legenda Coto

Laporan Utama, Legenda Coto Makassar

MAKASSAR – Mendengar kata coto, daerah yang diingat langsung Makassar. Ya.. karena di Makassar kuliner khas ini terlahir. Meski begitu, sampai saat ini sejarah dan asal muasal munculnya coto di Makassar masih legenda.

Ada yang bilang coto berasal dari Tiongkok, makanan raja raja, dan ada pula yang bilang coto makanan zaman penjajahan. Makassar Terkini berusaha mencari tahu. Mewawancarai penjual coto paling lama di Makassar.

Coto Mangkasara’ atau yang biasa disebut coto Makassar adalah hidangan kuliner khas dari Tanah Daeng. Isinya potongan daging dan jeroan sapi dengan kuah kental yang telah dicampur dengan 40 macam rempah. Orang Makassar menyebut bumbunya ampah patang pulo. Dalam penyajiannya, selalu ada tambahan perasan jeruk nipis dan bawang goreng untuk menambah rasa.

Kuliner yang telah mendunia dan menjadi ikon Kota Makassar ini memang selalu menjadi incaran wisatawan asing maupun lokal ketika berkunjung di Makassar.

Beberapa rujukan untuk menyantap hidangan khas Coto di Makassar adalah Aroma Coto Gagak, Coto Ranggong, dan Coto Nusantara. Tiga warung coto ini adalah warung coto paling lama dan paling banyak pengunjungnya di Makassar. Tukang becak, sopir, pengusaha, PNS, artis, sampai Presiden pernah menjadi pelanggan mereka.

Di Makassar, hidangan coto bisa anda temui dengan sangat mudah. Hampir seluruh titik jalan, ada warung menyediakan hidangan coto.
Ingin tahu dari mana awalnya coto dan siapa penjual coto paling pertama di Makassar ?. Baca ki’ MAJALAH MAKASSAR TERKINI Edisi 158, September 2016.

TIM LIPUTAN

Check Also

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah di Sulsel yang masuk dalam kategori rawan bencana longsor, Rabu 28 September 2016 / Arul ramadhan

Bupati himbau masyarakat waspada, Jeneponto bakal dilanda “banjir”

JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menghimbau kepada seluruh warga Jeneponto tetap waspada, khususnya yang …