Senin , Januari 22 2018
Home / Internasional / Lihat, Bangkai Pesawat Batavia Air Jadi Restoran Mewah di Tiongkok
Pesawat asal Indonesia ini dijadikan restoran di Tiongkok. Foto : Chinawes
Pesawat asal Indonesia ini dijadikan restoran di Tiongkok. Foto : Chinawes

Lihat, Bangkai Pesawat Batavia Air Jadi Restoran Mewah di Tiongkok

MAKASSARTERKINI.com – Selain menu, suasana bersantap sebuah industri kuliner kini menjadi andalan. Untuk menciptakan suasana beragam cara dihadirkan dalam restoran, seperti pesawat terbang misal.

Yah, pengusaha kuliner asal China, bernama Li Liang membuka pesawat restoran di Provinsi Wuhan. Selain unik, bangkai pesawat itu ternyata berasal dari Indonesia, yakni Batavia Air.

Li Liang mengaku sangat sulit dan rumit mendatangkan pesawat dari maskapai Indonesia yang dibelinya pada Mei 2015. Ia harus melewati berbagai prosedur untuk mendatangkan kabin tua jenis Boing 737 itu ke negaranya. Menurutnya sekitar enam bulan mengurus semuanya.

“Membongkar, pelabuhan, pengiriman, izin usaha, deklarasi perdagangan … semua prosedur ini tidak pernah dilakukan oleh siapa pun sebelumnya, yang berarti saya lakukakan satu per satu,” kata Li dilansir dari Oddity Central, Jumat 5 Juli 2016.

Restoran pesawat Lilly Airways di Tiongkok. Foto : Oddity Central
Restoran pesawat Lilly Airways di Tiongkok. Foto : Oddity Central

Betul-betul membutuhkan perjuangan panjang. Menurutnya, Boing 737 itu harus dibongkar total sebanyak delapan kali dalam perjalanannya dari Indonesia ke Wuhan, China dalam waktu tempuh selama empat bulan.

Badan pewat itu dibagi-bagi beberapa bagian kemudian harus dikemas ke dalam sekitar 70 kontainer. Yang lebih fantastis adalah ongkos pengirimannya, yakni sekitar 3 juta yuan atau Rp 5,8 miliar lebih. Sedangkan, ongkos pesawatnya sendiri ia menghabiskan 5 juta yuan atau sekitar Rp9,9 miliar.

Setelah restoran yang diberi nama ‘Lilly Airways’ ini diresmikan di Lembah Optik Pedestrian Street, salah satu pusat perbelanjaan tersibuk Wuhan, Li siap menyambut pengunjung yang sudah penasaran dan para pecinta pesawat.

Restoran pesawat Lilly Airways di Tiongkok. Foto : Oddity Central
Restoran pesawat Lilly Airways di Tiongkok. Foto : Oddity Central

 

Restoran itu didesain di area kabin pesawat dan pada area kokpit telah diubah menjadi simulator penerbangan yang diperuntukan kepada pelanggan yang ingin merasakan sensasi menerbangkan pesawat penumpang.

Menurut Li, kisaran harga makanan antara 200 sampai 300 yuan atau Rp400 – 600 ribu per orang, sedangkan bagi pelanngan yang ingin mencoba simulator kokpitnya diganjar dengan harga 300 hingga 400 yuan atau Rp600-800 ribu.

AZIS KUBA

Check Also

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah di Sulsel yang masuk dalam kategori rawan bencana longsor, Rabu 28 September 2016 / Arul ramadhan

Bupati himbau masyarakat waspada, Jeneponto bakal dilanda “banjir”

JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menghimbau kepada seluruh warga Jeneponto tetap waspada, khususnya yang …