Selasa , Januari 23 2018
Home / Hiburan / Lima Gereja Tertua di Indonesia
Gereja Tua

Lima Gereja Tertua di Indonesia

MAKASSARTERKINI.COM, MAKASSAR-Indonesia memiliki banyak gedung gereja yang sudah tua, namun masih aktif digunakan sebagai tempat beribadah bagi ummat Nasrani. Tahukah Anda di mana dan apa saja gereja tertua di Negara kita ini? Berikut beberapa gereja tertua di Indonesia Versi Makassarterkini.com.

1. Gereja Blenduk

Gereja tersebut merupakan gereja tertua di Jawa Tengah, yang dibangun oleh masyarakat belanda pada tahun 1753. Arsitektur di dalam gereja ini dibuat berdasarkan salib yunani.

2. Gereja Katedral Ujung Pandang

Gereja yang juga sering disebut Gereja Hati Kudus Yesus ini, merupakan gereja yang tertua di seluruh wilayah Sulawesi Selatan dan Tenggara, berada di kota Makassaar. Gereja

3. Gereja Maranatha

Berada di Ambon, Maluku, gereja ini merupakan tempat ibadah terbesar di Ambon, yang diberikan Presiden Soekarno kepada masyarakat setempat pada tahun 1954. Pada masa kerusuhan Ambon beberapa tahun yang lalu, tempat ibadah ini tidak terjamah sedikit pun, dan masih ada hingga saat ini.

4. Candi Hati Kudus Yesus

Gereja yang satu ini sangat berbeda dari gereja pada umumnya. Pasalnya di gereja tersebut, Yesus tampil sebagai raja Jawa dan berada di dalam candi. Gereja yang diresmikan pada tahun 1930 ini berada di Ganjura, Bantul, daerah Istimewah Yogyakarta.

5.Gereja Katolik Paroki Santo Yoseph

Berada di Denpasar, Bali, gereja ini merupakan gereja Katolik tertua di daerah tersebut. Sekilas tempat ibadah ini seperti pura, karena adanya gapura dan batu bata merah khas Bali.

Itulah beberapa gereja tertua yang ada di Indonesia versi makassarterkini.com, semoga bisa menambah pengetahuan anda.

(Teks:AJG/Foto:Ist)

Check Also

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah di Sulsel yang masuk dalam kategori rawan bencana longsor, Rabu 28 September 2016 / Arul ramadhan

Bupati himbau masyarakat waspada, Jeneponto bakal dilanda “banjir”

JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menghimbau kepada seluruh warga Jeneponto tetap waspada, khususnya yang …