Kamis , Februari 22 2018
Home / - / Luangkan waktu akhir pekan, saksikan festival ini di Pantai Akkarena
Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) menggelar Festival Layang-layang di Pantai Akkarena, Jalan HM Daeng Patompo, Tanjung Bunga, Sabtu-Minggu (20-21/8/2016). / Foto: Ist
Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) menggelar Festival Layang-layang di Pantai Akkarena, Jalan HM Daeng Patompo, Tanjung Bunga, Sabtu-Minggu (20-21/8/2016). / Foto: Ist

Luangkan waktu akhir pekan, saksikan festival ini di Pantai Akkarena

MAKASSAR – Bagi yang masih bingung ingin menghabiskan waktu di akhir pekan ini, tidak ada salahnya jika meluangkan waktu melihat Festival Layang-layang yang sudah menjadi agenda rutin tahunan sejak tiga tahun terakhir di Makassar.

Acara untuk menggenjot sektor pariwisata yang diinisiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Disparekraf, kembali menggelar Festival Layang-layang untuk misi serupa. Kegiatan sendiri bakal dihelat di Pantai Akkarena, Tanjung Bunga, Makassar akan berlangsung akhir pekan ini, Sabtu-Minggu (20-21/8/2016).

Akan ada berbagai varian layang-layang yang akan menghiasi langit Pantai Akkarena. Hal itu diungkapkan Kepala Disparekraf Kota Makassar Rusmayani Madjid dalam jumpa pers terkait acara yang berlangsung di Hotel Melia, Jalan Mappanyukki, Kamis (18/8/2016).

“Di festival ini kami kembali bekerja sama Museum Layang-layang Nasional dari Jakarta,” terangnya.

Maya, sapaan akrab Rusmayani menambahkan, tak tanggung-tanggung, jenis layang-layang tiga dimensi pun rencananya akan dihadirkan pada Festival Layang-layang ini.

Dijelaskan, tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini di Festival Layang-layang akan kembali menghadirkan peserta dari luar Sulawesi, bahkan luar negeri. Sejauh ini, sudah ada dua negara tetangga yang mendaftarkan diri untuk ikut memeriahkan Festival Layang-layang.

“Yang sudah mendaftar ada dari Malaysia dan Singapura. Tetapi tidak menutup kemungkinan masih akan ada peserta dari negara lain yang akan mendaftar hingga hari H,” imbuh Rusmayani.

Secara total, sudah ada 15 peserta yang telah mendaftar untuk ikut dalam festival tersebut. Rusmayani mengatakan, pihaknya menargetkan jumlah peserta tahun ini bisa lebih meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

“Tahun lalu, ada sekitar 60 peserta. Tahun ini, kami targetkan bisa lebih dari itu,” harapnya.

Untuk peserta dan pengunjung, sebut Rusmayani, semua dibuka untuk umum. Jika ada masyarakat umum yang ingin ikut unjuk gigi menerbangkan layang-layangnya, panitia akan membuka pendaftaran di lokasi festival pada hari H. “Kami tidak memungut biaya apapun,” imbuhnya.

Festival Layang-layang ini tentu bisa menjadi pilihan keluarga untuk menikmati akhir pekan sambil menyaksikan keindahan Pantai Akkarena.

Andini Ristyaningrum

Check Also

Sekretaris Jendral Golkar Idrus Marham. / Muh Nasruddin (Dok MT)

Golkar siapkan Nurdin Halid di pilgub Sulsel

MAKASSAR – Partai Golkar mulai mempersiapkan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD I Golkar Sulsel, Nurdin …