Selasa , Januari 23 2018
Home / Budaya / Mahasiswa Tau Sianakkang Mengecam Pemerintah Gowa
Wahyu Arif Gunawan (kiri) Ketua Umum Tau Sianakkang  / Foto : Prayudha
Wahyu Arif Gunawan (kiri) Ketua Umum Tau Sianakkang / Foto : Prayudha

Mahasiswa Tau Sianakkang Mengecam Pemerintah Gowa

MAKASSAR – Persatuan Mahasiswa Tau Sianakkang (PMTS) Unjversitas Muslim Indoneaia (UMI) yang menaungi 6 daerah yakni Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Selayar dan Kota Makassar, mengecam tindakan yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Gowa. Karena mencoba melakukan intervensi dan upaya pengesahan Rancangan Pemerintah Daerah (Ranperda) tentang aturan yang menobatkan Bupati terpilih otomatis menjadi raja.

“Kami mengecam tindakan yang dilakukan oleh pemerintahan Gowa yang mencoba untuk melakukan intervensi kepada keturunan kerajaan Gowa,” Ucap Wahyu Arif Gunawan selaku Ketua Umum Tau Sianakkang, kepada MAKASSARTERKINI.com, Minggu 29 Mei 2016.

Harusnya, kata Dia, pemerintah daerah setempat lebih bersinergi dan menyatukan visi dan misinya dalam upaya menjaga dan melestarikan budaya Tau Mangkasar.

Lihat juga : Takut Bentrok, Raja Gowa Dilantik di Luar Istana

“Harus ada pemahaman yang sama antara kedua pihak tersebut, dan menyatukan satu tujuan untuk melestarikan adat. Karena kita orang yang beradat maka adat istiadatlah yang harusnya dijunjung tinggi,” ujar Wahyu.

Wahyu juga menambahkan, sesama suku Makassar seyogyanya tetap menjaga pesan leluhur ‘Abbulo Sibatang’ (Gotong Royong).

” Paham moderenisasilah yang membuat budaya kerja sama serta gotong royong dilupakan. Padahal itu adalah kearifan lokal budaya kita. Semoga para pemangku adat dan pemerintahan setempat bisa akur dan saling bersinergi dalam upaya pelestarian adat masyarakat Gowa,” harap Wahyu.

Prayudha

Check Also

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah di Sulsel yang masuk dalam kategori rawan bencana longsor, Rabu 28 September 2016 / Arul ramadhan

Bupati himbau masyarakat waspada, Jeneponto bakal dilanda “banjir”

JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menghimbau kepada seluruh warga Jeneponto tetap waspada, khususnya yang …