Sabtu , Februari 24 2018
Home / News / Maksud di Balik Kata Water Resistant Pada jam Tangan
Maksud di Balik Kata Water Resistant Pada jam Tangan
Foto: Istimewa

Maksud di Balik Kata Water Resistant Pada jam Tangan

MAKASSARTERKINI.COM, MAKASSAR- Anda pasti sering melihat tulisan water resistant pada jam tangan yang Anda gunakan. Dilihat dari arti katanya water resistant dapat diartikan sebagai anti air atau tahan air. Namun ternyata, meskipun beberapa jam memiliki keterangan water resistance, namun kadar tingkatan ketahanan air berbeda-beda untuk setiap jam.

Water resistant atau tahan air pada jam tangan telah diteliti berdasarkan hasil dari uji tekanan di laboratorium dengan perbandingan seorang perenang yang berada di dalam air pada kedalaman tertentu. Jam tangan yang menggunakan tanda “water resistant” tapi tidak mencantumkan angka kedalaman seperti 3 ATM (Atmosfir), 50 feet, 100 meter dan lain-lain tidak di desain untuk berada di bawah permukaan air.

Walaupun bisa bertahan sementara di dalam air, namun jika terus menerus dalam kondisi tersebut maka jam tangan tersebut akan kemasukan air. Jam tangan dengan tanda “Water Resistant” saja artinya jam tangan itu “Accidental Wetting” atau basah tanpa sengaja.

Wajib bagi Anda untuk mengetahui tingkat ketahanan air pada jam tangan milik Anda, agar tidak sembarangan digunakan pada aktifitas yang berhubungan dengan air. Berikut beberapa tingkat water resist yang biasanya terdapat pada jam tangan beserta keterangannya.

Water Resistance 3ATMatau 30M
Apabila tertulis angka 3ATM atau 30M, maka artinya jam milik Anda hanya mampu bertahan jika digunakan dalam aktifitas sehari-hari. Selain itu, wajib bagi Anda untuk berhati-hati dalam menggunakannya, karena jam Anda hanya mampu tahan terhadap percikan air / hujan dalam tingkat rendah. Tidak disarankan untuk mandi atau memakai shower, kegiatan snorkeling, berenang, atau bahkan diving.

Water Resistance 5 ATM atau 50M
Angka 5ATM atau 50M menunjukan bahwa, jam tangan Anda sudah cukup aman digunakan untuk berbagai aktifitas yang berhubungan dengan air seperti berenang, arum jeram, mandi, hujan, dan semua aktifitas atau pekerjaan yang tidak berhubungan dengan snorkeling dan diving.

Water Resistance 10 ATM atau 100 M
Untuk jam tangan dengan kadar water resist yang setara 10 ATM atau 100 M ini berarti jam ini akan aman apabila digunakan dalam segala aktifitas air termasuk snorkeling. Namun, untuk kegiatan diving sangat tidak disarankan untuk menggunakan jam tangan ini.

Water Resistance 20 ATM atau 200 M
Jam tangan dengan water resist 200 M, dapat digunkakan untuk aktifitas-aktifitas atau pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan air, dengan intensitas tinggi seperti olah raga air, snorkeling, dan juga skin diving.

Nah itu dia beberpa penjelasan mengenai tingkatan water resist pada jam tangan. Jadi gunakanlah jam tangan tersebut untuk kegiatan air secara bijak. Jangan sampai jam Anda rusak gara-gara terlalu memaksakan kegunaannya.

(MT-Text:Ajenk/Foto: Istimewa)

Check Also

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah di Sulsel yang masuk dalam kategori rawan bencana longsor, Rabu 28 September 2016 / Arul ramadhan

Bupati himbau masyarakat waspada, Jeneponto bakal dilanda “banjir”

JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menghimbau kepada seluruh warga Jeneponto tetap waspada, khususnya yang …