Selasa , Januari 23 2018
Home / Headline / Pastikan layak konsumsi, Dinas PKPK Parepare lakukan pemeriksaan kelayakan hewan ternak
Kepala Dinas Perikanan, Kelautan, Pertanian dan Kehutanan (PKPK) Parepare, Damilah Husain mengungkapkan, pihaknya segera turun ke bawah untuk memantau kesehatan hewan kurban jelang hari raya Idul Adha. / Ist
Kepala Dinas Perikanan, Kelautan, Pertanian dan Kehutanan (PKPK) Parepare, Damilah Husain mengungkapkan, pihaknya segera turun ke bawah untuk memantau kesehatan hewan kurban jelang hari raya Idul Adha. / Ist

Pastikan layak konsumsi, Dinas PKPK Parepare lakukan pemeriksaan kelayakan hewan ternak

PAREPARE – Kepala Dinas Perikanan, Kelautan, Pertanian dan Kehutanan (PKPK) Parepare, Damilah Husain mengungkapkan, pihaknya segera turun ke bawah untuk memantau kesehatan hewan kurban jelang hari raya Idul Adha.

Ia ingin memastikan kondisi hewan kurban, khususnya sapi yang ada di Parepare layak komsumsi.

“Besok kami turun ke sejumlah tempat penjualan hewan kurban,” ujar Damilah saat ditemui di kantornya, Senin (5/9/2016).

Ia menyebut, pengecekan kondisi kesehatan hewan kurban melibatkan tim medis (dokter hewan) dari Dinas PKPK Parepare. “Seperti pada tahun sebelumnya, kita libatkan tim dokter ke lapangan,” ungkapnya.

Damilah menambahkan, selain di peternak pihaknya juga akan memeriksa sapi di rumah potong hewan yang ada. “Untuk menjaga sterilisasi konsumsi hewan kurban di Idul Adha tahun ini. Ini juga atas instruksi Wali Kota Parepare,” jelasnya.

Wali Kota Parepare Taufan Pawe sebelumnya meminta kepada pihak terkait untuk lebih mewaspadai adanya hewan kurban yang tidak layak komsumsi.

Ia menegaskan, langkah antisipasi itu harus segera dilakukan karena menyangkut kebutuhan konsumsi masyarakat.

“Sebagai upaya pemerintah untuk mengantisipasi hal yang tidak inginkan, kami minta dinas terkait untuk memperhatikan hal itu,” pesan Taufan.

Acca Ajatappareng

Check Also

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah di Sulsel yang masuk dalam kategori rawan bencana longsor, Rabu 28 September 2016 / Arul ramadhan

Bupati himbau masyarakat waspada, Jeneponto bakal dilanda “banjir”

JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menghimbau kepada seluruh warga Jeneponto tetap waspada, khususnya yang …