Selasa , Januari 23 2018
Home / News / Pete-pete Modifikasi dan Sopir Merokok Akan Ditertibkan
Ilustrasi
Ilustrasi

Pete-pete Modifikasi dan Sopir Merokok Akan Ditertibkan

MAKASSAR -‎ Penampilan sejumlah angkutan kota Makassar yang dikenal dengan Pete-pete terkesan mewah dengan setuhan aksesoris dan modifikasi interior dan eksterior. Hanya saja Pete-pete yang terkesan mewah itu ternyata melanggar aturan.

Kepala Bidang Humas Dishub Makassar, Azis Sila, mengakui bila saat ini banyak Pete-pete yang beroperasi dengan tampilan mewah, seperti speaker dengan daya suara sangat besar, ada layar LCD, dan berbagai aksesoris yang sebenarnya tidak penting untuk penumpang. Selain itu, knalpotnya yang digunakan diluar standar yang ditetapkan.

Karena itu, kata dia, pihaknya bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) akan turun langsung mengecek kondisi Pete-pete, dengan cara menguji kelayakan dan standarisasi angkutan yang telah ditetapkan.

Sementara sanksi yang diberikan kepada sopir atau pemilik angkutan umum itu dengan mencabut surat izin trayek. “Surat izin trayeknya, buku care dengan STNK disita baru kita akan koordinasikan dengan pihak organda untuk berikan sanksi,” ujarnya kepada Makassar Terkini Online, Sabtu (9 April 2016).

Bukan hanya itu, kata Azis, sopir yang ugal-ugalan, merokok saat membawa penumpang pakai topi, dan hanya pakai baju singlets juga akan diberi sanksi. ” Kita harapkan sopir berpakaian rapi. Kita pernah tertibakan itu bersama pihak Satpol,” ujarnya.

 

HERMAN KAMBUNA

Check Also

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah di Sulsel yang masuk dalam kategori rawan bencana longsor, Rabu 28 September 2016 / Arul ramadhan

Bupati himbau masyarakat waspada, Jeneponto bakal dilanda “banjir”

JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menghimbau kepada seluruh warga Jeneponto tetap waspada, khususnya yang …