Kamis , Februari 22 2018
Home / News / Rutan Kelas II B Sidrap Kelebihan Kapasitas
Suasana di Rutan Kelas II B, Sidrap / Acca
Suasana di Rutan Kelas II B, Sidrap / Acca

Rutan Kelas II B Sidrap Kelebihan Kapasitas

SIDRAP – Kondisi rumah tahanan (Rutan) kelas II B Sidrap, yang berada di jalan Pengayoman, Galung Aserae, Kelurahan Pangkajene, Kecamatan Maritengngar, Kabupaten Sidrap, mestinya hanya menampung sebanyak 250 warga binaan saja, namun justru sekarang jumlah yang berada di lapas tersebut mencapai hingga 327 orang.

“Kondisinya sebenarnya hanya bisa menampung 250 saja, namun kelihatannya mencapai hingga 327 orang. Tentunya ini sudah di luar kapasitas dan bahkan kondisinya sudah sesak dalam kamar,” kata Kepala Rutab Kelas II B Kabupaten Sidrap, Mansyur, Selasa 12 Juli 2016.

Mansyur menjelaskan, kapasitas ini sendiri diakibatkan karena adanya tahanan titipan, baik dari Polres, Kejaksaan, hingga Pengadilan Negeri Sidrap, berjumlah sekitar 110 Orang.

“Jadi ada beberapa tahanan yang merupakan tahanan titipan. Selain itu hampir 70 persen, dari total tahanan merupakan tahanan narkoba,” ujarnya.

Akibatnya, setiap kamar diisi sebanyak 25 Orang, yang sebenarnya kapasitasnya hanya berkisar 8 Hingga 10 orang, dari total ruangan sebanyak 25 dengan empat blok. “Sudah begitu sementara, sambil kita usulkan pengiriman tahanan yang sudah inkracht,” jelas Mansyur.

Acca Ajatappareng

Check Also

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah di Sulsel yang masuk dalam kategori rawan bencana longsor, Rabu 28 September 2016 / Arul ramadhan

Bupati himbau masyarakat waspada, Jeneponto bakal dilanda “banjir”

JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menghimbau kepada seluruh warga Jeneponto tetap waspada, khususnya yang …