Selasa , Januari 23 2018
Home / Headline / SYL dinilai gagal pimpin Golkar Sulsel
Syahrul Yasin Limpo (SYL). / Dok MT
Syahrul Yasin Limpo (SYL). / Dok MT

SYL dinilai gagal pimpin Golkar Sulsel

MAKASSAR – Selama satu periode Syahrul Yasin Limpo (SYL) menjadi Ketua DPD I Golkar Sulsel, dinilai gagal membesarkan partai berlambang beringin di Sulsel.

Sekretaris Jenderal Golkar Idrus Marham mengatakan, kegagalan SYL terjadi di beberapa momen politik, salah satunya pada pemilu 2014 lalu. Di sini, Golkar  gagal merebut pimpinan DPRD di 24 kabupaten/kota, bahkan berkurang.

“Periode ini hanya 16 dari 24 kabupaten/kota, kader jadi ketua DPRD. Periode sebelumnya itu 23 ketua DPRD, cuma Sinjai bukan Golkar pada waktu itu,” kata Idrus di Makassar, Jumat 14 Oktober 2016.

Kegagalan Golkar Sulsel di kepemimpinan SYL juga terjadi pada tingkat provinsi. Sejumlah 18 kursi Golkar dan keberhasilan mempertahankan kursi Ketua DPRD dinilai belumlah cukup.

“Provinsi juga kursinya turun. Memang tetap 18 kursi tetapi ada penambahan dari 75 jadi 85 kursi. Ke depan semua daerah harus ketua,” tegas Idrus.

Selain itu, SYL juga gagal di Pilkada 11 kabupaten pada 2015 lalu. Golkar hanya menang di tiga kabupaten, Pangkep, Soppeng, dan Gowa. “Harusnya setengah dari itu Golkar menang, tetapi hanya tiga daerah menangkan usungannya Golkar,” ungkapnya.

Oleh karena itu, atas kegagalan tersebut menjadi alasan DPP Golkar untuk menunjuk Nurdin Halid sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD I Golkar Sulsel menggantikan SYL.

“Kita menyerahkan sepenuhnya ke Nurdin untuk memperbaiki struktur kepengurusan dari tingkat ranting hingga atas. Tujuannya agar Golkar ke depan bisa menang di Pilkada, Pileg, dan Pilpres,” ungkap Idrus.

Kepemimpinan baru Golkar Sulsel di bawah kendali Nurdin diyakini mampu mengembalikan kejayaan Golkar di Sulsel. Nurdin dianggap seorang aktivis yang telah melewati proses panjang dan memiliki pengalaman. (A)

Muh Nasruddin

Check Also

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah di Sulsel yang masuk dalam kategori rawan bencana longsor, Rabu 28 September 2016 / Arul ramadhan

Bupati himbau masyarakat waspada, Jeneponto bakal dilanda “banjir”

JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menghimbau kepada seluruh warga Jeneponto tetap waspada, khususnya yang …