Kamis , Februari 22 2018
Home / Headline / Tangani praktik pungli, Gubernur Sulsel kerjasama dengan KPK
Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo / foto: dok MT
Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo / foto: dok MT

Tangani praktik pungli, Gubernur Sulsel kerjasama dengan KPK

MAKASSAR – Maraknya praktik pungutan liar (Pungli) kepada masyarakat di sejumlah instansi pemerintahan, membuat geram sebagian besar pihak. Selain akan mengakibatkan buruknya citra instansi tersebut di mata masyarakat, praktik yang merugikan itu juga akan mencederai pemerintah daerah, yang terkesan tak mampu berbuat apa-apa.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo menegaskan, pihaknya selaku yang bertanggung jawab dalam menangani persoalan pungli di sejumlah instansi, terus berupaya melakukan tindakan pengawasan dan pencegahan.

Dia bahkan mengaku, dalam menangani persoalan praktik-praktik pungli yang marak terjadi dalam sistem pemerintahan, telah lama bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Kita sudah lama melakukan pengendalian pungli, bahkan kerjasama dengan KPK, walaupun tidak diumumkan. Itu lah kenapa kita dapat penghargaan dari pemerintah dan lain-lain,” kata Syahrul kepada MAKASSARTERKINI.com, Jumat 14 Oktober 2016.

Praktik pungli yang dapat merugikan masyarakat menurutnya adalah tindakan yang sangat tercela, dan merusak citra pemerintah. Dalam menangani hal itu, pihaknya bahkan langsung mengambil langkah taktis, dengan melakukan inspeksi ke sejumlah daerah.

“Tentu itulah yang harus kita berantas sama-sama. Tapi secara umum Alhamdulillah saya tidak pernah lagi dengar seperti itu. Sebelum terjadi penangkapan di perhubungan, dua minggu lalu penekanan saya kencang sekali tentang pungli. Bahkan saya lakukan inspeksi sampai ke daerah-daerah tertentu. Saya kira apa yg kita lakukan jadi contoh,” tegasnya.

Lebih lanjut, dengan tindakan tegas dan kerjasama, serta koordinasi dengan sejumlah pihak katanya, tindakan yang dapat merugikan itu dapat diberantas. Ia juga berharap apabila masih terdapat aduan dari masyarakat terkait pungli dalam instansi yang berhubungan dengan pemerintahan, agar bisa dilakukan tindakan tegas.

“Ini sangat bagus. Jadi kalau ada yang begitu, mari kita laporkan saja kalo ada yg begitu, kita sikat,” tutupnya.

Arul Ramadhan

Check Also

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah di Sulsel yang masuk dalam kategori rawan bencana longsor, Rabu 28 September 2016 / Arul ramadhan

Bupati himbau masyarakat waspada, Jeneponto bakal dilanda “banjir”

JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menghimbau kepada seluruh warga Jeneponto tetap waspada, khususnya yang …