Kamis , Februari 22 2018
Home / News / Tari Ganrang Bulo Massal Tutup Jumbara PMI 2016
Bupati Pangkep Syamsuddin Hamid digendong saat menari ganrang bulo pada penutupan Jumbara PMI, Minggu 31 Juli 2016 / Foto : M Subhan
Bupati Pangkep Syamsuddin Hamid digendong saat menari ganrang bulo pada penutupan Jumbara PMI, Minggu 31 Juli 2016 / Foto : M Subhan

Tari Ganrang Bulo Massal Tutup Jumbara PMI 2016

PANGKEP – Tari Ganrang Bulo massal mewarnai penutupan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja 2016 di Bumi Perkemahan Tonasa I, Kelurahan Tonasa, Kecamatan Balocci, Pangkep, Minggu 31 Juli 2016.

Ratusan siswa SD mengajak para undangan untuk bergabung menari di tengah lapangan. Bupati Pangkep, Syamsuddin A Hamid pun digendong oleh Sekretaris Kabupaten Pemkab Pangkep, Effendy Kasmin. Saling menggendong sesama penari Gandrang Bulo memang menjadi bagian dari tarian khas anak-anak suku Bugis Makassar.

Seluruh peserta upacara termasuk tamu dan undangan yang berada di panggung termasuk ketua harian Palang Merah Indonesia (PMI) Ginandjar Kartasasmita, Ketua PMI Sulsel, Ichsan Yasin Limpo, Bupati Pangkep, Syamsuddin A Hamid, Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sammana, Dandim 1421, Letkol Inf Musyafag dan seluruh ketua PMI dari berbagai daerah se Indonesia ikut menari Gandrang Bulo bersama siswa SD dari kecamatan Balocci.

Ginanjar Kartasasmita mengatakan, Jumbara nasional berlangsung baik. Momentum Jumbara ini menjadi ajang pertemuan seluruh perwakilan remaja relawan kemanusiaan untuk mempersiapkan diri menjadi kader bangsa yang tangguh. “Peserta mengikutinya dengan gembira. Kalau pulang teruskanlah semangat yang diperoleh di jumbara,” kata Ginandjar.

Lihat juga : Festival To Berru Angkat Kisah Pejuang Perempuan Colliq Pujie

Ia berharap dengan semangat solidaritas dan kemanusiaan yang terbangun bisa menjadi modal bagi para remaja dalam membangun bangsa. Ginanjar berpesan agar semangat ini bisa ditularkan kepada seluruh remaja sesama anak bangsa. “Semangat kemanusiaan dan persahabatan sebagai putra bangsa untuk kepentingan nasional kita,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua PMI Sulsel Ichsan Yasin Limpo mengatakan sangat puas dengan suksesnya ajang empat tahunan pertemuan PMR Se Indonesia ini. “Kepuasan saya diatas 100 persen,” kata Ichsan usai kegiatan.

Dari jumlah peserta, Ichsan mengatakan Jumbara di Pangkep ini mendapat antusiasme yang sangat besar dibanding jumbara sebelumnya. “Harapan kita bahwa Jumbara kali ini lebih baik dari sebelumnya itu terpenuhi. Semua Berjalan dengan baik,” kata mantan Bupati Gowa dua periode ini.

Muhammad Subhan

Check Also

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah di Sulsel yang masuk dalam kategori rawan bencana longsor, Rabu 28 September 2016 / Arul ramadhan

Bupati himbau masyarakat waspada, Jeneponto bakal dilanda “banjir”

JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menghimbau kepada seluruh warga Jeneponto tetap waspada, khususnya yang …