Selasa , Januari 23 2018
Home / News / Terungkap, Satu Pete Pete di Makassar Punya 9 Sopir
Ratusan supir pete pete yang tergabung dalam Asosiasi Pemilik dan Sopir Angkot Makassar (APSAM) berunjuk rasa di halaman Balai Kota Makassar Jalan Ahmad Yani Kamis, 7 April 2016
Ratusan supir pete pete yang tergabung dalam Asosiasi Pemilik dan Sopir Angkot Makassar (APSAM) berunjuk rasa di halaman Balai Kota Makassar Jalan Ahmad Yani Kamis, 7 April 2016

Terungkap, Satu Pete Pete di Makassar Punya 9 Sopir

MAKASSAR – Keberadaan Pete Pete saat ini kian terancam dengan munculnya beragam alternatif angkutan umum baik roda dua maupun empat. Hal itu berdampak pada menurunnya penghasilan sopir Pete Pete.

“Padahal satu Pete Pete di Makassar dioperasikan oleh sembilan sopir,” kata Zainal Abidin Ketua Organisasi Angkutan Darat Kota Makassar Minggu, 10 April 2016.

Menurut Zainal, fakta ini diperoleh dari data Dinas Perhubungan Kota Makassar dan Organisasi Angkutan Darat Kota Makassar di tahun 2015. Mencatat ada 4.113 jumlah izin yang dikeluarkan untuk Pete Pete di Makassar. Melayani 14 trayek dengan jumlah sopir Pete Pete mencapai 36.000 orang.

Lihat juga : Danny Satu Meja Dengan Supir Bahas Pete Pete Smart

“Sopir ini menghidupi istri dan anak, sehingga bisa ditebak berapa banyak kepala yang hidup dari Pete Pete,” katanya. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan ratusan sopir berunjuk rasa menolak Pete Pete Smart.

Tapi Wali Kota Makassar M Ramdhan Pomanto membantah alasan itu. “Sebaliknya pemilik Pete Pete yang ada saat ini akan menjadi pelaku utama penggerak program Smart Pete Pete,” kata Dannny, sapaan Wali Kota.

Danny mengatakan, konsep Pete Pete Smart dibuat untuk melindungi para sopir. Bahkan Pemkot Makassar juga berupaya agar pemilik Pete Pete yang akan beralih ke Smart Pete Pete mendapatkan kemudahan dalam pengadaan.

“Selama ini kami khawatir akan kehilangan sumber penghasilan kalau Smart Pete Pete ada namun kalau ini untuk kepentingan kita semua pasti kita dukung Pak Wali Kota,” ungkap Nur Hasan, pemilik angkutan umum.

Check Also

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah di Sulsel yang masuk dalam kategori rawan bencana longsor, Rabu 28 September 2016 / Arul ramadhan

Bupati himbau masyarakat waspada, Jeneponto bakal dilanda “banjir”

JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menghimbau kepada seluruh warga Jeneponto tetap waspada, khususnya yang …