Selasa , Januari 23 2018
Home / Internasional / Tinggalkan Tinju, Manny Pacquiao Kini Jadi Senator Filipina
Petinju Bintang Filipina, Manny Pacquiao terpilih dalam pemilihan senat Filipina, pada Kamis 19 Mei 2016. (foto: Mirror)
Petinju Bintang Filipina, Manny Pacquiao terpilih dalam pemilihan senat Filipina, pada Kamis 19 Mei 2016. (foto: Mirror)

Tinggalkan Tinju, Manny Pacquiao Kini Jadi Senator Filipina

MAKASSARTERKINI.com – Petinju Bintang Filipina, Manny Pacquiao mencetak kemenangan politik besar dalam pemilihan senat Filipina, pada Kamis 19 Mei 2016.

Juara dunia kelas welter WBO merupakan satu dari 12 anggota Majelis Kongres Tertinggi yang terpilih oleh komisi pemilihan negara itu.

Pekan lalu, rakyat Filipina melalukan pemilih untuk menentukan presiden, wakil presiden, 12 Senator, 200 anggota Majelis Kongres Rendah dan 18.000 pejabat lokal.

Sekitar 80 persen dari 55 juta pemilih menyalurkan suaranya dalam pemilihan umum, yang diadakan setiap enam tahun.

“Saya bisa fokus dan disiplin diri, seperti yang saya lakukan di tinju untuk membantu bangsa,” Pacquiao dilansir Mirror, 20 Mei 2016.

Ia juga mengatakan, sebagai senator baru akan mendorong pendidikan gratis di semua tingkatan.

Anggota Kongres berusia 37 tahun in juga mengatakan mendukung restorasi hukuman mati untuk kejahatan obat terberat- terkait dan lainnya.

Presiden terpilih Rodrigo Duterte mengatakan akan meminta Kongres untuk kembali memperkenalkan hukuman mati yang telah dicabut pada 2006. “Di mata Tuhan, tidak melanggar hukum,” kata Pacquiao soal hukuman mati.

Mantan juara tinju dunia eight-division ini berdiri sebagai anggota salah satu calon presiden yang kalah, Pacquiao menang lebih dari 16 juta orang, menempati urutan ketujuh.

Pacquiao adalah salah satu pilihan teratas untuk kursi senat, meski sebelumnya tingkat terpilihannya anjlok dalam jajak pendapat setelah berkomentar soal anti-gay pada Februari 2016 lalu.

Sebulan sebelum pemilihan, peringkatnya membaik setelah kemenangan atas juara Amerika Timothy Bradley di Las Vegas, dia menjatuhkannya sebanyak dua kali dalam pertarungan 12 ronde. (mirror)

Check Also

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah di Sulsel yang masuk dalam kategori rawan bencana longsor, Rabu 28 September 2016 / Arul ramadhan

Bupati himbau masyarakat waspada, Jeneponto bakal dilanda “banjir”

JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menghimbau kepada seluruh warga Jeneponto tetap waspada, khususnya yang …