Selasa , Januari 23 2018
Home / Ekonomi / Tips-Tips yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Membeli Rumah Pertama
Pelaksanaan program pembangunan sejuta rumah murah ternyata masih belum berjalan mulus. Pasalnya, masih banyak hambatan dalam pelaksanaan program tersebut. Oleh karena itu, dalam waktu dekat pemerintah akan merilis peraturan pemerintah terkait perizinan perumahan. / Foto: Ist
Pelaksanaan program pembangunan sejuta rumah murah ternyata masih belum berjalan mulus. Pasalnya, masih banyak hambatan dalam pelaksanaan program tersebut. Oleh karena itu, dalam waktu dekat pemerintah akan merilis peraturan pemerintah terkait perizinan perumahan. / Foto: Ist

Tips-Tips yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Membeli Rumah Pertama

MAKASSARTERKINI.com – Pasangan muda yang baru menikah seringkali menginginkan kepemilikan rumah sendiri. Dengan membeli rumah sendiri, perencanaan masa depan akan semakin terarah. Pemilihan rumah yang tepat akan semakin mendukung perencanaan masa depan. Kondisi keuangan dan rencana masa depan anak-anak adalah salah satu contoh rencana masa depan yang akan dipengaruhi oleh pemilihan rumah pertama yang hendak dibeli :

Situs KPR terbaik cermati.com merangkum beberapa tips yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli rumah pertama Anda :

  1. Memilih lingkungan rumah yang warganya berpenghasilan setara dengan Anda

Dengan memilih rumah yang berada di lingkungan dimana para warganya berpenghasilan setara dengan penghasilan Anda atau mungkin sedikit dibawah Anda, maka Anda akan melihat gaya hidup yang cukup sama dengan gaya hidup yang Anda jalani.

Anda akan melihat tetangga Anda mengendarai kendaraan yang sama dengan Anda, tempat tujuan liburan mereka juga dapat Anda tuju dengan penghasilan Anda.

Jika Anda tinggal di lingkungan yang lebih mewah dari gaya hidup yang dapat Anda jalani sesuai dengan penghasilan Anda, maka Anda akan selalu merasa kekurangan dan mungkin terlalu memaksakan diri untuk menyamai gaya hidup mereka.

  1. Memilih rumah yang dekat dengan sarana transportasi umum

Dengan memilih rumah yang berada di dekat sarana transportasi umum, maka Anda akan cukup dimudahkan dalam mengakses transportasi umum tersebut. Hal tersebut akan menjadi solusi pilihan alternatif bagi Anda jika penghasilan Anda mengalami perubahan atau mungkin sekedar menghadapi alat transportasi Anda yang rusak dan harga bahan bakar yang mengalami kenaikan.

  1. Memilih rumah yang dekat dengan fasilitas umum

Keberadaan fasilitas umum seperti pasar, toko, sekolah dan fasilitas umum lainnya yang cukup dekat dengan rumah Anda, tentu saja akan memudahkan Anda ketika hendak menuju ke sana. Terlebih jika Anda dapat berjalan kaki menuju ke fasilitas-fasilitas umum tersebut, Anda juga akan mendapat keuntungan lainnya berupa latihan olahraga sehingga kesehatan Anda tetap terjaga.

  1. Memilih rumah yang memadai

Yang dimaksud memadai disini adalah rumah yang ingin Anda beli masih menyisakan ruang terbuka yang cukup luas. Dengan adanya ruang terbuka, maka Anda dapat memanfaatkannya untuk beberapa keperluan. Misalnya, sebagai tempat bermain anak, menanam tumbuhan seperti sayuran atau bunga. Ketika Anda hendak melakukan renovasi perbaikan rumah, lahan kosong dapat Anda gunakan sebagai tambahan ruangan juga.

  1. Memilih rumah sesuai dengan kondisi keuangan Anda

Misalkan Anda membeli rumah secara KPR di suatu bank, pilihlah rumah yang harganya berkisar pada harga yang sangup Anda bayar dengan tingkat penghasilan Anda. Untuk mengatahui jumlah cicilan yang anda mampu bayar, anda bisa menggunakan kalkulator simulasi KPR. Bank akan melakukan penelusuran apakah Anda cukup memenuhi syarat antara pendapatan Anda dengan KPR yang Anda ajukan. Jika Anda dirasa memang layak memenuhi syarat, maka tentu saja bank akan meloloskan pengajuan KPR Anda.

Hindari kebohongan untuk mendapatkan pinjaman yang lebih besar dari apa yang dapat Anda bayar dengan penghasilan Anda. Hal tersebut dikarenakan, pada waktu jatuh tempo waktu membayar cicilan bulanan, Anda akan mengalami kesulitan keuangan. Anda bisa memilih beberapa produk KPR seperti mengajukan KPR BRI dari BRI atau KPR Mandiri dari Bank Mandiri bila Anda ingin membayar uang muka yang relatif kecil dan proses pencairan yang cepat.

  1. Membayar uang muka semaksimal yang Anda mampu

Semakin besar pembayaran uang muka rumah yang hendak Anda beli, maka cicilan KPR yang akan Anda bayarkan setiap bulannya semakin kecil. Dengan nilai cicilan bulanan yang relatif kecil, maka kondisi keuangan bulanan Anda tidak akan terlalu terpengaruh adanya cicilan tersebut. Idealnya membayar uang muka KPR lebih baik jika Anda dapat membayar lebih dari 20% dari harga rumah.

  1. Memilih tempo pelunasan cicilan KPR yang lebih pendek.

Dengan memilih tempo waktu pelunasan cicilan KPR yang lebih pendek, kondisi keuangan Anda akan semakin cepat pula terbebas dari penghematan yang diakibatkan untuk leperluan cicilan KPR.  Pemilihan tempo pelunasan cicilan KPR yang pendek biasanya juga dibarengi dengan penetapan  nilai suku bunga yang relatif rendah juga.

Yang perlu Anda perhatikan adalah, jika Anda memilih tempo waktu pelunasan cicilan KPR yang lebih pendek, maka cicilan KPR yang wajib Anda bayarkan tiap bulannya juga relatif besar nominalnya. Pikirkan lagi apakah cicilan tersebut masih dapat Anda bayarkan tanpa mengganggu keuangan bulanan Anda.

Jangan memaksakan membayar cicilan bulanan dengan nilai nominal yang relatif besar, karena nanti Anda akan merasa kesulitan untuk membayarkan cicilan tersebut secara rutin setiap bulannya.

Check Also

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah di Sulsel yang masuk dalam kategori rawan bencana longsor, Rabu 28 September 2016 / Arul ramadhan

Bupati himbau masyarakat waspada, Jeneponto bakal dilanda “banjir”

JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menghimbau kepada seluruh warga Jeneponto tetap waspada, khususnya yang …