Kamis , Februari 22 2018
Home / Headline / Tugu Pahlawan Pengusiran KNIL di Samping POPSA Tak Terurus
tugu_pahlawan_popsa_makassar_3

Tugu Pahlawan Pengusiran KNIL di Samping POPSA Tak Terurus

MAKASSARTERKINI.COM – Sebuah tugu berdiri kokoh di kawasan kuliner depan Benteng Fort Rotterdam, Makassar. Di tugu itu dengan jelas tertulis Pahlawan Indonesia. Hanya saja terlihat dibiarkan dan tidak terawat.

Pantauan Makassarterkini Online, Rabu (6/4/16), tugu yang juga berada di samping food court kampung Popsa — singkatan Persatuan Olahraga Perahu Motor dan Ski Air — ini terlihat dibiarkan teronggok dan sama sekali tidak ada sentuhan perawatan sejak beberapa tahun terakhir ini.

tugu_pahlawan_popsa_makassar_3
Tugu Pahlawan Indonesia “Pendaratan TNI di Makassar” (foto: Makassarterkini Online)

Di altar tugu setinggi 7 meter bertuliskan “Pahlawan Indonesia”. Di bawahnya terdapat prasasti yang isinya sudah sangat sulit untuk dibaca. Beruntung judul prasasti ini masih bisa dibaca: “Monumen Pendaratan TNI di Makassar”. Sementara isi dari pernyataan prasasti ini sudah pudar dan terkikis. Padahal ada sejumlah kalimat yang termuat dalam prasasti itu yang mungkin memberi informasi penting.

Baca juga: Tujuh Peninggalan Belanda Yang Masih Digunakan di Makassar

Hanya ukiran peresmian tugu ini yang bisa dibaca itu pun setelah diraba; 12 September 2000 dan ada nama sesepuh perjuangan kemerdekaan, Mayor Jenderal Andi Mattalatta beserta tanda tangannya.

 

tugu_pahlawan_popsa_makassar_5
Prasasti Tugu Pahlawan “Pendaratan TNI di Makassar” (foto: Makassarterkini Online)

Informasi yang dihimpun dari Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Makassar, tugu itu sebenarnya sebagai tanda momen bersejarah pasukan Tentara Indonesia yang mengusir pasukan KNIL yang bermarkas di dalam Benteng Fort Rotterdam. KNIL adalah singkatan dari bahasa Belanda; het Koninklijke Nederlands(ch)-Indische Leger, atau secara harafiah: Tentara Kerajaan Hindia Belanda.

“Saat itu, kawasan ini menjadi pendaratan pasukan tentara Indonesia untuk melakukan perlawanan terhadap KNIL, ” kata Jamaluddin, staf Dokumentasi dan Publikasi Balai BP3 Makassar, saat ditemui.

Tugu ini akan mudah terlihat bila kita berdiri di depan pintu gerbang benteng Fort Rotterdam, yang berada diseberang tugu ini.

Check Also

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah di Sulsel yang masuk dalam kategori rawan bencana longsor, Rabu 28 September 2016 / Arul ramadhan

Bupati himbau masyarakat waspada, Jeneponto bakal dilanda “banjir”

JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menghimbau kepada seluruh warga Jeneponto tetap waspada, khususnya yang …