Sabtu , Februari 24 2018
Home / Ekonomi / UKMK Bisa Optimal Bila Dilakukan dengan Berbasis IT
Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal membuka UMKM Forum Wirausaha Makassar degan tema membangun aliansi strategi dan kerja sama UMKM dalam akses keuangan dan pasar di Unismuh Bisnis Center (UBC), Makasssr, Kamis, (11/8/2016). / Foto: Degina Adenesa
Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal membuka UMKM Forum Wirausaha Makassar degan tema membangun aliansi strategi dan kerja sama UMKM dalam akses keuangan dan pasar di Unismuh Bisnis Center (UBC), Makasssr, Kamis, (11/8/2016). / Foto: Degina Adenesa

UKMK Bisa Optimal Bila Dilakukan dengan Berbasis IT

MAKASSAR – Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal membuka UMKM Forum Wirausaha Makassar degan tema membangun aliansi strategi dan kerja sama UMKM dalam akses keuangan dan pasar di Unismuh Bisnis Center (UBC), Makasssr, Kamis, (11/8/2016).

Kegiatan tersebut diselenggarakan Seds Project dan Makassarpreneur. Peserta terdiri dari Unhas, UNM, Unismuh, Dinas Koperasi, Bank Sulselbar, Aisyiyah, dan Telkom.

Dalam sambutanya, Deng Ical, sapaan akrab Rizal mengatakan, hampir semua UMKM yang produktif berasal dari aspek keturunanan.

“Bapaknya jadi pengusaha mebel anaknya juga jadi pengusaha mebel, kira-kira modelnya seperti itu sehingga kita bisa menyimpulkan kreativitas dan inovasi dari UMKM ini belum maksimal,” katanya

Oleh karena itu, tahun ini juga pihaknya mendukung ekonomi kreatif di Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) dengan memberikan banyak stimulan dalam bentuk kemitraan. Salah satunya dari Digital Lounge yang dibina UMKM Pemprov Sulsel yang mampu menjadi salah satu unit usaha yang diakui sebagai klinik bisnis terpadu yang sudah mengadopsi perkembangan aktual dan berbasis teknologi.

“Ruang bisnis kemitraan UMKM hanya bisa optimal bila dilakukan berbasis IT, yang tentu saja mampu menstimulus percepatan dalam aktivitas bisnisnya,” papar Rizal.

Selain itu, ia berharap pertemuan forum UMKM tersebut mampu memotivasi mitra yang lain untuk mengidentifikasi sektor usaha yang membutuhkan training dan mentoring supaya dapat memetakan program-program pemerintah.

Sementara itu, Ketua Makassarpreneur Bahrul ulum mengatakan kegiatan adalah wujud kepedulian bersama terhadap kemajuan UMKM, terutama di Kota Makassar. “Jadi, saya kira kita semua paham betapa penting peran kita semua dalam mengembangkan UMKM di Kota Makassar,” tegasnya.

Degina Adenesa

Check Also

Pengamat Ekonomi Universitas Hasanuddin (Unhas) Anas Anwar Makkatutu. / Andini Ristyaningrum

Ekspor Sulsel turun, Pengamat Ekonomi: Sulsel butuh negara tujuan baru

MAKASSAR – Menurunnya ekspor Sulsel pada September lalu terjadinya karena disebabkan beberapa faktor. Salah satunya …