Sabtu , Februari 24 2018
Home / - / Wagub Minta Damri Siapkan Armada Baru Untuk Pemberangkatan Haji
Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Agus Arifin Nu'mang melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Kantor Samsat Makassar, Jalan A Mappanyukki, Selasa 12 Juli 2016. / Arul Ramadhan
Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Agus Arifin Nu'mang melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Kantor Samsat Makassar, Jalan A Mappanyukki, Selasa 12 Juli 2016. / Arul Ramadhan

Wagub Minta Damri Siapkan Armada Baru Untuk Pemberangkatan Haji

MAKASSAR – Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang meminta agar kendaraan angkutan (Bus) yang akan mengantar para Jemaah Calon Haji (JCH) dari Asrama Haji Sudiang menuju Bandara diganti dengan yang lebih layak.

Pasalnya, setelah melakukan uji coba dari Asrama Haji menuju Bandara menggunakan Bus Damri yang disiapkan, Agus menilai, kendaraan tersebut tidak layak digunakan untuk pengangkutan para JCH.

“Saya minta kendaraan yang digunakan untuk mengantar jemaah haji ke bandara itu kendaraan yang betul-betul prima kondisinya, jangan seperti yang tadi dicoba. Power steringnya tidak berfungsi, banyak bunyi-bunyi, setengah mati kalau belok. Saya minta kepada Damri untuk mengganti itu,” tegas Agus, usai menghadiri Apel Siaga Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dan melakukan pemantauan kesiapan Embarkasi Makassar di Asrama Haji Sudiang Makassar, Kamis 4 Agustus 2016.

Selain itu, Agus juga meminta agar Dinas Perhubungan benar-benar mengecek kondisi kendaraan yang akan digunakan untuk mengangkut JCH.

Hal ini, kata Agus, harus menjadi perhatian agar para JCH yang akan berangkat menunaikan ibadah haji bisa mendapatkan pelayanan yang maksimal sehingga tidak mengganggu konsentrasinya dalam beribadah.

“Jangan sampai jemaah haji stress duluan begitu melihat kondisi mobil. Kita harus berikan pelayanan yang terbaik,” ujarnya.

Agus juga menyoroti kondisi Asrama Haji Sudiang yang dianggapnya masih membutuhkan pembersihan, terutama di jalur pintu keluar sebelah timur dari Asrama Haji.

Selain itu, jalanan atau jalur akses dari Asrama Haji menuju Bandara juga dimintanya agar bisa disterilkan dari hal-hal yang bisa mengganggu hilir mudik kendaraan angkuran JCH.

“Semua pintu masuk dan keluar yang ada harus dimaksimalkan fungsinya. Harus dibersihkan juga jalur di pintu keluar itu. Selain itu juga jalur menuju bandara yang akan dilewati oleh jemaah haji harus benar-benar steril,” tuturnya.

Agus juga menginginkan agar nanti pada 8 Agustus 2016, sehari sebelum pemberangkatan JCH, kembali diadakan simulasi mobilisasi para JCH dari Asrama Haji menuju bandara.

“Nanti kalau pesawatnya sudah datang, tanggal 8 nanti saya minta diadakan simulasi lagi untuk memastikan semua kesiapan pemberangkatan jemaah haji. Pihak maskapai juga kita minta untuk membuat layout untuk bisa disampaikan kepada para jemaah yang akan berangkat, supaya mereka tahu posisi duduknya dan tidak kebingungan lagi saat naik ke pesawat,” tutupnya.

Arul Ramadhan

Check Also

Sekretaris Jendral Golkar Idrus Marham. / Muh Nasruddin (Dok MT)

Golkar siapkan Nurdin Halid di pilgub Sulsel

MAKASSAR – Partai Golkar mulai mempersiapkan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD I Golkar Sulsel, Nurdin …