Kamis , Februari 22 2018
Home / News / Wow, IGI akan latih 71.750 guru soal Literasi Produktif setiap pekan
Ketua Umum Pengurus Pusat IGI, Muhammad Ramli Rahim, menerima cenderamata dari kementerian ESDM untuk IGI Pusat
Ketua Umum Pengurus Pusat IGI, Muhammad Ramli Rahim, menerima cenderamata dari kementerian ESDM untuk IGI Pusat

Wow, IGI akan latih 71.750 guru soal Literasi Produktif setiap pekan

 

MAKASSARTERKINI.com – Pengurus Pusat Ikatan Guru Indonesia (IGI) terus bergerak untuk meningkatkan mutu guru di Indonesia. Saat ini IGI meningkatkan intensitas pelatihan, seminar dan workshop bagi guru Indonesia.

Ketua Umum Pengurus Pusat IGI, Muhammad Ramli Rahim, mengungkapkan, IGI sudah bertekad untuk mencapai target satu juta guru terlatih literasi produktif dalam lima tahun ke depan. Karenanya selain intensitas tinggi, IGI juga akan menjalankan lompatan proses dalam upaya tersebut.

Dia menilai rendahnya kompetensi guru dan minimnya kreativitas guru dalam pembelajaran di ruang-ruang kelas yang mengakibatkan tingginya tingkat kebosanan siswa, yang ditandai dengan semakin menjamurnya bimbingan belajar, tawuran, dan kenakalan pelajar lainnya.

“Alhamdulillah, Selasa malam, saya bertemu Director of Southeast Asian Ministers of Education Secretariat (SEAMEO), Bangkok, Thailand, Gatot Hari Prawirjanto, beliau sangat respek dan sangat antusias dengan apa yang dilakukan IGI dalam 8 bulan terakhir. IGI bukan lagi bayi ajaib tapi telah menjelma menjadi organisasi profesi yang sesungguhnya, konsen pada peningkatan mutu guru dan betul-betul fokus,” kata Ramli kepada MAKASSARTERKINI.com, Kamis 29 September 2016.

Pendiri Ranu Prima College (RPC) ini menuturkan, dalam pertemuan itu pihaknya bersepakat untuk mendorong percepatan peningkatan mutu guru, apalagi tuntutan pemerintah akan kualitas guru tak bisa ditawar-tawar lagi.

igi-workshop

Menurut dia, setelah 10 tahun memberikan Tunjangan Profesi Guru, Bappenas dan DPR sudah mulai bertanya sejauh mana pengaruh tunjangan sertifikasi guru terhadap peningkatan kualitas pendidikan terutama mutu guru dan ternyata hingga kini angkanya belum menggembirakan.

“Keesokan harinya saya menghubungi PT Samsung Elektronik Indonesia, bertemu Dirjen GTK Kemendikbud beserta Sekretaris Dirjen dan beberapa direktur dan selanjutnya bertemu dua orang staf khusus mendikbud, Fajar dan Nasrullah. Kesimpulannya, IGI bersama SEAMEO akan PT Samsung Elektronik Indonesia akan menyelenggarakan Diklat Online,” kata Ramli.

Mantan Ketua Golkar Maros versi Agung Laksono ini menjelaskan Diklat Online dilakukan dengan Video Conference (Vicon) ke 1.000 titik di seluruh Indonesia live dari Jakarta pada hari Sabtu dan live dari Makassar pada hari Minggu. Sehingga setiap Minggu IGI akan melatih 35 guru pada 2.000 titik di Indonesia.

“IGI Kabupaten kota diminta bersiap-siap untuk diklat dan penugasan ini nantinya. Selain itu IGI dan GTK juga membahas pelatihan Daring dan Luring untuk peningkatan kemampuan guru pembelajar dan mampu mencapai target 80 point dalam UKG.”

Khusus pertemuan dengan staf khusus Mendikbud, disimpulkan bahwa Mendikbud akan mengundang semua organisasi profesi guru untuk mempresentasekan apa saja yang mereka lakukan untuk guru. Kemudian 150 trainer yang akan dipersiapkan di Surabaya akan dilatih menjadi Instruktur diklat Online/Daring ini dan akan mendapatkan pengarahan langsung dari Direktur SEAMEO.

“IGI akan tetap menjalankannya dan menargetkan 50 titik setiap pekan, sehingga IGI dipastikan dapat melatih 71.750 guru setiap pekan di seluruh Indonesia. Dengan demikian IGI optimis angka satu juta guru terlatih literasi produktif dan UKG 80 akan terwujud dalam 5 tahun ini,” jelas pria kelahiran Maros ini.

Hari ini, Kamis 29 September 2016, Ramli dan pengurus IGI Pusat di Pontianak, melatih 100 guru untuk membuat komik pembelajaran berbasis IT dengan tema HEMAT 10%. Diklat ini terbilang mewah, dilaksanakan di Hotel Harris Pontianak dan dibiayai sepenuhnya oleh Direktorat Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi kementerian ESDM.

Rusnani (ketua harian PP IGI), Abdul Karim (Ketua Bidang Peningkatan Mutu Guru PP IGI) Ekowanto (Ketua Bidang Kewirausahaan PP IGI) dan Basri Lahamuddin (Wasekjen Informasi dan komunikasi PP IGI) turun memberikan pelatihan dengan target tak boleh pulang jika komik tak jadi.

Dalam kesempatan itu pula, Dodi Iswanto dilantik sebagai Ketua Wilayah IGI Kalimantan Barat bersama jajaran pengurusnya.

 

Check Also

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah di Sulsel yang masuk dalam kategori rawan bencana longsor, Rabu 28 September 2016 / Arul ramadhan

Bupati himbau masyarakat waspada, Jeneponto bakal dilanda “banjir”

JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menghimbau kepada seluruh warga Jeneponto tetap waspada, khususnya yang …